Thursday, 23-05-2024
Info

Evakuasi Darurat Delegasi KTT G20, Basarnas Siapkan Heli dan Rescue Boat

Ket foto: Kabasarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penyelenggaraan KTT G20 Tahun 2022 di The Apurva Kempinski Bali, Selasa (4/10/022). (Hms/SAR)

Badung | barometerbali – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi memastikan kesiapan Basarnas termasuk pengerahan alut (alat utama) evakuasi saat situasi darurat dari para delegasi yang sedang mengikuti KTT G20.

Hal itu disampaikannya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan pada pelaksanaan rapat koordinasi penyelenggaraan KTT G20 Tahun 2022 di The Apurva Kempinski Bali, Selasa (4/10/022).

Dalam paparannya Henri Alfiandi menjelaskan bahwa Basarnas akan mengerahkan sekitar 171 personel dengan dilengkapi alut SAR darat, laut dan udara.

“Untuk Basarnas akan berada di bawah kendali Kogabpad Pam VVIP dan berada pada satgas evakuasi,” ungkapnya di hadapan peserta rapat.

Dirinya menambahkan dalam proses evakuasi Basarnas juga mengerahkan 2 unit Helikopter Dauphin AS365 serta 2 unit Kapal Negara (KN) SAR Wisnu (60 m) dan KN SAR Arjuna 229 (40 m) sedangkan 1 unit Rescue Boat 220 Mataram standby di Pelabuhan Lembar.

Nantinya sebaran personel Basarnas yang terlibat akan mengikuti rencana kontijensi dari satgas evakuasi dan terbagi di beberapa venue KTT G20.

“Jadi untuk evakuasi udara menuju Rumah Sakit Umum Sanglah (Prof Ngoerah) dari Helipad GWK hanya sekitar 5 menit,” pungkasnya. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button