Thursday, 18-04-2024
Pendidikan

633 Atlet Bertarung dalam Rektor Cup I Unud

Ket foto: Rektor Unud Prof. Nyoman Gde Antara meresmikan penyelenggaraan Rektor Cup I ditandai secara simbolis Rektor didaulat sebagai wasit dalam pertandingan Taekwondo berlangsung di Gedung Widya Sabha Kampus Bukit Jimbaran, Selasa (11/10/22) (bu/unud)

Jimbaran | barometerbali – Penyelenggaraan Rektor Cup yang dilaksanakan Universitas Udayana (Unud) secara resmi dibuka oleh Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M. Eng, IPU., yang berlangsung di Gedung Widya Sabha Kampus Bukit Jimbaran, Selasa (11/10/22).

Acara pembukaan ditandai secara  simbolis Rektor sebagai wasit dalam pertandingan Taekwondo. Hadir dalam acara pembukaan ini para Wakil Rektor Unud, Wakil Rektor III Untirta, Wakil Rektor III Universitas Warmadewa, Para Wakil Dekan III Unud, Kepala Biro Kemahasiswaan, Ketua PengProv Percasi Bali, Ketua PengProv Taekwondo Bali, Ketua PengProv Perbasi Bali, Ketua PengProv IPSI Bali, Ketua PengProv Wushu Bali, Perwakilan BDP Bali, Ketua DPM Unud serta undangan lainnya.

Cokorda Rai Adi Pramartha, Ph.D (Cok Rai) selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan, Rektor Cup Universitas Udayana merupakan suatu pagelaran kompetisi bidang olahraga (multi event/cabang olahraga/cabor) tingkat nasional yang akan rutin diadakan setiap tahunnya oleh Universitas Udayana.

“Rektor Cup diperuntukkan bagi mahasiswa dari seluruh Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Untuk saat ini kegiatan Rektor Cup dilaksanakan selama 1 minggu yaitu 11-17 Oktober 2022,” ungkap Cok Rai dalam sambutannya.

Kegiatan Rektor Cup ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat serta penguatan karakter mahasiswa melalui olahraga. 

“Rektor Cup ini merupakan tindak lanjut dari student athlete program Universitas Udayana yang mulai dibuka tahun ini ke publik,” imbuhnya.

Dalam event Rektor Cup I kali ini mempertandingkan 5 cabang olahraga yakni Bola Basket, Catur, Pencak Silat, Taekwondo dan Wushu. Jumlah peserta yang ikut bertanding terdiri dari 633 atlet (mahasiswa 395 orang dan umum 238 orang).

“Peserta yang ikut dalam kompetisi ini berasal dari 29 universitas, 8 Provinsi, dan 4 pulau (Nusa Tenggara Barat, Bali, Jawa, dan Sumatera). Pertandingan dilaksanakan di Aula Widya Sabha Cabor Taekwondo, Ruang Nusantara Cabor Catur, GOR Lila Bhuwana Cabor Pencak Silat, GOR Ngurah Rai  Cabor Wushu, dan Liga Bali Arena Cabor Bola Basket,” urai Cok Rai.

Ketua KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada Rektor Unud karena telah melaksanakan suatu kegiatan olahraga dengan kemasan Rektor Cup.

“Kegiatan Rektor Cup ini sangatlah membantu kegiatan KONI atau kegiatan pemerintah di bidang olahraga, khususnya olahraga prestasi. Tidak hanya prestasi tetapi juga bagaimana membuat mahasiswa, masyarakat indonesia sehat, bugar, dan berkarakter. Tahun depan diharapkan peserta yang ikut di dalam ajang Rektor Cup Universitas Udayana akan bertambah lebih banyak lagi dari seluruh Universitas yang ada di Indonesia,” beber Ngurah Oka.

Sementara itu Rektor Unud Prof. Antara dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para mahasiswa yang ikut berpartisipasi dalam ajang Rektor Cup Universitas Udayana.

“Selamat datang di Bali, selamat datang di Universitas Udayana yang merupakan Universitas yang tertua di Bali,” ujar Prof. Antara.

Melalui kegiatan Rektor Cup ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa sportivitas di kalangan mahasiswa untuk berprestasi lebih lanjut, karena dengan berjiwa sportivitas diharapkan nantinya mahasiswa akan menjadi orang yang bijak setelah mengikuti kegiatan ini.

Rektor berharap bisa menjalin komunikasi antar mahasiswa, antar Perguruan Tinggi dan civitas akademika di dalamnya, walaupun berbeda Universitas untuk duduk bersama melakukan komunikasi, sehingga nantinya terjalin komunikasi yang baik dan tumbuhnya rasa kebersamaan.

“Kegiatan Rektor Cup ini merupakan kegiatan yang pertama dilakukan setelah pandemi covid selama 2 tahun dan semoga kegiatan ini memberikan formula yang baik, tentunya masih banyak kekurangan yang terjadi. Saya berharap kegiatan ini berkelanjutan dan siap bekerja sama dengan pihak KONI Bali untuk bersama-sama membina para atlet di Provinsi Bali,” pungkas Prof. Antara. (BB/501)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita4944-633-Atlet-Ikuti-Rektor-Cup-Pertama-Universitas-Udayana.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button