Thursday, 23-05-2024
Info

Dukung G20, Lazada dan Smoot Serahkan 100 unit Motor Listrik untuk Polda Bali

Ket foto: Lazada dan Smoot serahkan 100 unit kendaraan motor listrik kepada yang diterima secara simbolis dan langsung diujicoba oleh Kapolda Bali di Lazada Logistics Bali Eco Hub, Jl. Sunset Road No. 111, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Selasa (11/10/2022).

Bali | barometerbali – Lazada Indonesia (Lazada), melalui unit logistiknya Lazada Logistics, berkolaborasi dengan PT Smoot Motor Indonesia (Smoot) menyediakan 100 unit kendaraan motor listrik kepada Kepolisian Daerah (Polda) Bali sebagai bentuk dukungan operasional dalam pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diserahterimakan di Lazada Logistics Bali Eco Hub, Jl. Sunset Road No. 111, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Selasa (11/10/2022).

Penyerahan kendaraan listrik ini sekaligus perwujudan upaya keberlanjutan dan inisiatif ramah lingkungan Lazada dan Smoot Motor.

Acara serah terima motor listrik Smoot dilakukan oleh Philippe Auberger selaku Chief Logistic Officer Lazada Indonesia dan Irwan Tjahaja selaku CEO PT Smoot Motor Indonesia kepada Kepolisian Daerah Bali melalui Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra dan disaksikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Bali I Gde Wayan Samsi Gunarta.

Philippe mengatakan pihaknya senang dan bangga bisa turut berperan dalam gelaran Presidensi G20. Kolaborasi Lazada dengan Smoot dalam menyediakan armada kendaraan listrik pada operasional pelaksanaan Presidensi G20, khususnya KTT G20 di Bali, menjadi bagian dari upaya mendukung salah satu isu prioritas pemerintah yaitu Transisi Energi Berkelanjutan.

“Hal ini juga sejalan dengan semangat
Lazada dan Smoot untuk mempromosikan penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan,” ungkapnya.

Irwan menambahkan dirinya berharap kolaborasi Smoot dan Lazada melalui pengadaan motor listrik bisa berkontribusi terhadap pengurangan polusi udara selama KTT G20 berlangsung. Ini sejalan dengan upaya Smoot untuk memberikan akses penggunaan energi yang aman dan ramah lingkungan bagi masyarakat melalui penggunaan baterai pada kendaraan motor listrik.

“Kontribusi ini diharapkan bisa sekaligus mendukung Program Langit Biru dari pemerintah Indonesia untuk mengendalikan dan mencegah
pencemaran udara, serta mewujudkan perilaku sadar lingkungan masyarakat,” imbuhnya.

“Sebelumnya Lazada dan Smoot telah bekerja sama dalam penyediaan armada #BlueVehicle untuk mitra kurir Lazada di awal tahun 2022, yang memfasilitasi penggunaan kendaraan ramah lingkungan demi mengurangi emisi karbon,” tutup Irwan.

Dalam sambutannya, Kapolda Bali menyampaikan pihaknya sangat menghargai dukungan yang diberikan oleh Lazada dan Smoot bagi Kepolisian Daerah Bali.

“Seratus motor listrik ini akan sangat membantu upaya kami untuk memastikan keamanan selama penyelenggaraan KTT G20 di mana, hanya kendaraan dengan bahan bakar energi terbarukan yang diperbolehkan melintas di Nusa Dua, Bali pada bulan November mendatang,” tegas Irjen Putu Jayan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Bali juga mengapresiasi dukungan Lazada dan Smoot dalam upaya pemerintah mencapai ii.

“Presiden Joko Widodo telah menunjuk KTT G20 di Nusa Dua, Bali sebagai proyek percontohan program penerapan kendaraan listrik menuju net zero emission,” katanya.

Ia berharap ke depannya ini juga bisa menjadi proyek percontohan di berbagai daerah lain. Oleh karena itu, kami sangat terbuka dengan dukungan dari para pemangku kepentingan untuk meningkatkan penggunaan kendaraan listrik,” bebernya.

Saat ini Pemerintah Provinsi Bali menurutnya juga sedang menyiapkan lebih banyak jalur motor listrik.

“Sejalan dengan visi Pemerintah Provinsi Bali dalam mewujudkan udara bersih dengan memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT),” sebut I Gde Samsi.

Motor listrik Smoot yang diserahkan hari ini memiliki kecepatan maksimum 60 km/jam dengan daya motor listrik 1500 watt. Pengguna Smoot Motor bisa memantau kondisi baterai melalui aplikasi. Penukaran baterai motor pun bisa dilakukan dengan mudah dan cepat di ratusan lokasi penukaran baterai (SWAPPoin) yang tersedia di berbagai lokasi strategis di kota-kota besar, termasuk Bali.

Pengenalan Konsep Eco-Hub Lazada Logistics di Bali

Pada kesempatan yang sama, Lazada Logistics juga memperkenalkan konsep eco-hub untuk operasional logistik yang lebih ramah lingkungan, yang dijalankan pertama kalinya di hub Lazada Logistics di Bali. Pemasangan panel surya menjadi salah satu inisiatif dari Lazada Logistics untuk mendukung operasional logistik yang lebih efisien dan lebih ramah lingkungan, serta mendorong pertumbuhan berkelanjutan jangka
panjang perusahaan.

“Sebagai perusahaan yang dekat dengan penggunaan energi, kami berkeinginan untuk terus berkontribusi pada inisiatif transisi energi dan berinvestasi pada upaya berkelanjutan dengan mulai mengimplementasikan konsep eco-hub di fasilitas logistik di Bali. Konsep eco-hub ini nantinya juga akan diimplementasikan di fasilitas logistik kami lainnya, termasuk di gudang utama kami di Cimanggis,
Depok, Jawa Barat,” rinci Philippe.

Selain pemasangan panel surya, Hub Lazada Logistics Bali juga menggunakan pencahayaan LED dengan sistem kontrol pencahayaan otomatis untuk efisiensi penggunaan energi. Teknologi smart routing juga sudah digunakan untuk memastikan manajemen tenaga kerja yang lebih efektif dan efisien.

Selain itu, Hub Lazada Logistics Bali juga telah menggunakan kemasan ramah lingkungan dengan kotak karton bersertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) yang diisi dengan sobekan kertas daur ulang sebagai pengganti plastik. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button