Wednesday, 12-06-2024
Pendidikan

700 Pengusaha Nahdliyin dan ITB STIKOM Bali Kerja Sama Pengembangan Usaha Berbasis TI

Ket foto: Penandatanganan MoU antara ITB STIKOM Bali dengan Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Bali di ITB STIKOM Bali, Rabu (12/10/2022) (ist/rsn)

Denpasar | barometerbali – Sedikitnya 700 pelaku usaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Bali menjalin kerja sama dengan ITB STIKOM Bali untuk pengembangan usaha berbasis teknologi informasi. Nota Kesepahaman kerja sama itu ditandatangani oleh Ketua Umum HPN Bali Dr. H. Nurianto RS, SH, MH, MM, MBL dan Rektor Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Dr. Dadang Hermawan di kampus ITB STIKOM Bali Renon, Denpasar, Rabu, (12/10/2022).

Dr. Dadang Hermawan menerangkan, ruang lingkup kerjasama adalah kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan kedua belah pihak yang mencakup implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Pengembangan Sistem Digitalisasi Perusahaan, dan pengembangan manajemen dan Sumber Daya Manusia.

“Yang menjadi leading sector dalam kerjasama ini adalah Fakultas Bisnis dan Vokasi, bisa dalam bentuk pengabdian masyarakat untuk membantu membuatkan website, membuatkan sistem digital marketing, sistem aplikasi penjualan produk, penempatan mahasiswa magang, dan lain-lain,” kata Dadang Hermawan.

Menurut Dadang Hermawan, kerja sama ini akan lebih bermanfaat secara ekonomi karena melalui sistem aplikasi penjualan nanti bisa dimonetisasi sehingga mendapatkan penghasilan lain dari pengunjung, selain pembelian produk.

“Untuk monetisasi bisa kerja sama dengan MBC, ini salah satu unit usaha STIKOM Bali Group,” tandas Dadang Hermawan.

Pada kesempatan itu Ketua HPN Bali Dr. Nurianto RS menjelaskan, HPN adalah organisasi pengusaha warga Nahdlatul Ulama (NU) Bali, saat ini ada di tujuh kabupaten dan kota, hanya 2 kabupaten yang belum terbentuk yakni Tabanan dan Karangasem.

”Total anggota HPN saat ini sekitar 700 pengusaha,” sebut Nurianto yang juga seorang dosen dan pengacara ini.

Disebutkan Nurianto, tindak lanjut dari penandatanganan MoU hari ini nantinya dituangkan dalam Pejanjian Kerjasama (PKS) selain dengan HPN, juga ada lembaga usaha sesuai kebutuhannya. Dengan catatan, usaha tersbut sudah menjadi anggota HPN.

Hadir dalam acara ini selain Dadang Hermawan, juga ada Wakil Rektor I Ida Bagus Suradarma, SE, M.Si., Wakil III I Made Sarjana, SE, MM., Dekan Fakultas Bisnis dan Vokasi Ni Ketut Dewi Ari Jayanti, ST, M.Kom, Ketua Program Studi Teknologi Informasi I Wayan Ardiyasa, S.Kom, MMSI, Direktur Kerjasama Pemasaran dan Humas Dra. Ni Made Astiti, MM.Kom. Sedangkan dari HPN Bali selain Nurianto hadir juga Waketum 2 HPN Bali Dr. Indrianto, Waketum 1 HPN Bali H. Mahfud, MA, Sekretaris HPN Bali Agus, Bendara HPN Bali Nimmi, PC HPN Badung Lilis, dan PC HPN Singaraja (BB/501/rsn)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button