Sunday, 23-06-2024
Peristiwa

Bencana Baru Sejam, AHY Langsung Instruksikan Demokrat Bali Bantu Korban

Ket foto: Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Bali Made Mudarta bersama puluhan jajaran pengurus DPD dan juga DPC Partai Demokrat Kabupaten Jembrana didampingi Bupati Nengah Tamba langsung turun memberikan bantuan paket sembako dan kebutuhan lainnya kepada warga di Desa Tegal Cangkring, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Selasa (18/10/2022). (ist/dmk)

Jembrana | barometerbali – Hanya berselang satu jam usai mendengar kabar adanya bencana banjir bandang yang melanda sejumlah daerah khususnya di Kabupaten Jembrana, Bali, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) langsung menginstruksikan DPD Partai Demokrat Provinsi Bali untuk bergerak cepat dan terdepan dalam membantu warga yang menjadi korban.

Menanggapi instruksi Ketum-nya, dengan sigap Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Bali Made Mudarta bersama puluhan jajaran pengurus DPD dan juga DPC Partai Demokrat Kabupaten Jembrana langsung terjun ke lokasi kejadian banjir bandang memberikan bantuan paket sembako dan kebutuhan lainnya kepada warga di Desa Tegal Cangkring, Kecamatan Mendoyo, Jembrana pada Selasa (18/10/2022) siang.

Didampingi Bendahara DPD Demokrat Bali Utami Dwi Suryadi dan para pengurus, Mudarta berjalan kaki menuju posko pengungsian di Banjar Biluk Poh, Desa Tegal Cangkring lalu menyerahkan bantuan paket sembako yang disaksikan langsung Bupati Jembrana Nengah Tamba. Warga juga tampak antusias dan terharu atas kepedulian dari Partai Demokrat yang selalu terdepan hadir di tengah penderitaan rakyat ketika ada bencana melanda.

Ketua DPD Partai Demokrat Bali Made Mudarta mengungkapkan segenap jajaran Pengurus Demokrat Bali hadir di tengah masyarakat Jembrana yang terdampak banjir untuk menyerahkan bantuan yang bersumber dari urunan/gotong royong dari kader Demokrat seluruh Bali, urunan dari kader Demokrat seluruh Bali saat ini terus berproses untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana di daerah lainnya di Bali.

Demokrat Bali juga mengaku bangga dengan Bupati Jembrana Nengah Tamba yang juga salah satu kader terbaik Demokrat sangat responsif dan sigap menangani dampak bencana banjir ini. Bupati juga memastikan segala kebutuhan warga korban banjir agar terpenuhi dengan baik begitu juga memastikan akses lalu lintas jalur Denpasar-Gilimanuk dapat berangsur pulih.

Menurut Made Mudarta, Ketum AHY juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Jembrana yang responnya sudah sangat luar biasa. AHY juga menginstruksikan kader Demokrat Bali bergotong royong membantu apa yang dibutuhkan masyarakat.

“Kepada masyarakat yang terdampak langsung bencana banjir ini, Made Mudarta berpesan bahwa semua anugerah dan bencana adalah kehendak Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Kuasa. Kita mesti tabah menjalani bencana yang datang kerena ini hanya cambuk kecil, agar kita sadar bahwa Tuhan di atas segalanya,” pesan Mudarta

Bencana banjir ini bukan hukuman. Hanya satu isyarat bahwa kita mesti banyak berbenah yakni pentingnya kita meningkatkan lagi pelaksanaan filosofi Tri Hita Karana khususnya meningkatkan harmoni hubungan manusia dengan alam lingkungan.

“Kita semua harus lebih menyayangi hutan yang telah memberikan kita oksigen, lapisan ozon, air bersih yang melimpah. Politisi Demokrat asal Jembrana ini mengajak semua pihak menggencarkan lagi gerakan reboisasi terhadap hutan yang gundul, normalisasi alur air sungai, hingga menanam pohon di sepanjang sempadan sungai,” imbau Mudarta

Sementara itu Bupati Jembrana Nengah Tamba mengaku berbahagia dan menyampaikan terima kasih karena seluruh kader Demokrat Bali yang ikut berpartisipasi aktif dalam meringankan beban warga yang terkena musibah banjir.

“Saya telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Pemkab Jembrana dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan kebutuhan dasar warga seperti kesehatan, makan dan minum agar terpenuhi dengan baik,” aku Bupati Tamba.

Selaku perwakilan warga I Made Suardiasa menyampaikan terima kasih atas bantuan dari Demokrat Bali dan Demokrat Jembrana karena tentu sangat bermanfaat meringankan beban warga. Warga juga mendoakan kejayaan Partai Demokrat.

Pada kesempatan itu pula Mudarta bersama pengurus Demokrat Bali meninjau langsung dampak banjir di Jembatan Tukad Bilok Poh hingga berjalan menyusuri kayu-kayu besar yang hanyut terbawa banjir. Mudarta kembali mengingatkan pentingnya menjaga hutan di hulu agar kejadian banjir seperti itu tidak terus berulang.

“Tentunya Demokrat selalu bersama rakyat dalam kondisi apapun. Demokrat berkoalisi dengan rakyat. Apa harapan masyarakat itu yang diperjuangkan Partai Demokrat,” pungkasnya. (BB/501/rls)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button