Thursday, 25-07-2024
Pemerintahan

Pemerintahan Papua Pincang, Tokoh Masyarakat Genyem Desak Pemerintah Tunjuk Gubernur Sementara

Ket foto: Tokoh masyarakat Genyem Esau Tegai (ist)

Jayapura | barometerbali – Tokoh masyarakat Genyem Esau Tegai mengatakan pemerintahan Provinsi Papua membutuhkan pejabat sementara gubernur untuk menggantikan posisi Lukas Enembe yang hingga kini sedang sakit. Hal tersebut disampaikan Esau Tegai saat ditemui wartawan di Sentani Jayapura, Minggu (23/10/2022).

Selain itu Gubernur Papua juga masih dalam proses hukum, sehingga memiliki dampak signifikan pada pelayanan publik di provinsi paling timur di Indonesia ini.

Hal ini kembali dikeluhkan sejumlah pihak apalagi Papua juga tidak memiliki Wakil Gubernur yang menggantikan tugas sehari-hari Gubernur Papua.

“Agar pelayanan publik tidak terganggu maka harus ada pejabat sementara sehingga roda pemerintah terus berjalan dengan baik tanpa harus mengorbankan kepentingan masyarakat Papua,” pintanya.

Esau menjelaskan kasus yang menjerat Lukas Enembe cenderung benar karena terlihat adanya penyalahgunaan anggaran PROSPEK (Program Strategis Pembangunan Kampung) yang menyebabkan hasil pembangunan tidak dirasakan oleh masyarakat.

“Masyarakat menduga hal tersebut adalah benar sehingga seharusnya dilakukan pemeriksaan oleh pihak KPK,” tegas Esau.

Dia menilai kesalahan Lukas Enembe adalah terkait penggunaan dana pemerintah maka kasus tersebut tidak masuk dalam ranah hukum adat dan harus mengikuti aturan pemerintah atau hukum negara.

Sementara itu, terkait dengan Lukas Enembe dikukuhkan menjadi Kepala Suku Besar di Tanah Papua, menurut Esau, Lukas Enembe tidak bisa menjabat kepala suku besar Papua karena tidak ada legitimasinya.

“Pengangkatan Lukas Enembe sebagai kepala suku besar Papua oleh Dominikus Sorabut adalah sepihak dan tidak ada koordinasi dengan kepala suku lainnya, oleh sebab itu pihaknya menolak hal tersebut,” pungkas Esau. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button