Sunday, 21-07-2024
Peristiwa

Berbaju Adat, ASN Kemenkumham Jatim Peringati Sumpah Pemuda  

Foto: ASN Kemenkumham Jatim mengenakan pakaian adat Nusantara saat memperingati Hari Sumpah Pemuda di halaman Kanwil Kemenkumham Jatim, Jumat (28/10/2022) pagi. (aji/kumhamjatim)
 
Surabaya | barometerbali – ASN Kanwil Kemenkumham Jatim memperingati Hari Kw-94 Sumpah Pemuda dengan melaksanakan upacara bendera dipimpin Kakanwil Zaeroji, para ASN dengan mengenakan baju adat daerah Nusantara di halaman kantor setempat pada Jumat (28/10/2022) pagi.
 
Zaeroji membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Menurutnya, peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu. Selanjutnya untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.
 
“Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia,” ujarnya.
 
Untuk itu, tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa.” Tema ini, lanjut Zaeroji, memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan. Yaitu untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.
 
“Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya,” urainya.
 
Menurut Zaeroji, kerja-kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau parsial. Pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni.
 
“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Ke-94 Sumpah Pemuda sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa,” tutupnya. (aji/ kumhamjatim)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button