Thursday, 25-07-2024
Peristiwa

Umat Budha Berharap KTT G20 Jadikan Toleransi sebagai Ikon Bali

Foto: Presiden Joko Widodo nampak di layar besar dalam salah satu sesi jelang KTT G20 dan Ketua Walubi Bali Romo Eka Wiradharma (inset)

Denpasar | barometerbali – Di Bali kehidupan antar umat beragama sangat harmonis, demikian disampaikan Ketua Wadah Antar-Lembaga Umat Buddha Indonesia (Walubi) Bali, Romo Eka Wiradharma, kepada media di Nusa Dua baru-baru ini.

Hal ini bisa terjadi karena didukung dengan adanya lembaga Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dimana setiap ada dinamika antar pergaulan umat beragama, segera dibahas di FKUB dan dicarikan solusi perdamaiannya. Keanggotaan FKUB Bali terdiri dari perwakilan semua umat beragama di Bali.

“Kita umat Budha Di Bali sangat merasakan toleransi dengan umat beragama lainnya, sangat bagus dan sangat memuaskan,” ucapnya.

Karena itu, Romo Eka berharap mudah-mudahan Bali bisa dijadikan ikon untuk kehidupan toleransi bagi negara-negara Group of Twenty (G20) yang bersidang di Bali.

“Karena itu kita ikut mengamankan dan menjaga kelancaran G20 agar suasana di Bali tetap kondusif,” kata Romo.

Terkait dengan adanya pertemuan negara-negara Group of Twenty (G20) di Nusa Dua Bali, Romo Eka mengatakan sebagai umat Budha dan pimpinan Walubi di Bali sangat mendukung, karena pertemuan ini diyakini membawa kebaikan untuk Bali, pasca Pandemi Covid-19.

“Saya sarankan semua umat Budha di Bali untuk mendukung penyelengaraan G20 sampai tuntas,” imbaunya.

Diakui Romo Eka, umat Budha banyak berkecimpung di dunia pariwisata dan banyak yang jadi guide (pemandu wisata-red).

“Kita ada dimana-mana. Waktu Pandemi Covid-19 melanda Indonesia, juga di Bali. Agak menurun aktivitasnya, agak melempem semua, karena semua takut terpapar, Jadi mereka tetap tinggal di rumah, tidak pernah keluar,” tuturnya.

Karena umat Budha juga takut kehilangan nyawa jadi mengikuti seruan yang disampaikan pemerintah agar warga berada di rumah.

“Dan saat diundang pemerintah untuk menghadiri doa bersama, kita hadir optimal demi lancarnya dan suksesnya KTT G20,” tutup Romo Eka Wiradharma. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button