Saturday, 22-06-2024
Pendidikan

BEM FPar Unud Sinergi ITW Gelar Tourism Symposium and Festival

Foto: Pembukaan acara Tourism Symposium dan Tourism Festival di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Unud Jimbaran, Rabu (2/11/2022).

Jimbaran | barometerbali – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (FPar Unud) bekerja sama dengan Indonesia Tourism Watch (ITW) menyelenggarakan Tourism Symposium dan Tourism Festival dengan tema “Rethinking for Global Tourism Recovery: Think Globally Act Locally” secara hybrid di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Unud Jimbaran, Rabu (2/11/2022).

Simposium ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Ngakan Putu Gede Suardana mewakili Rektor Unud.

CEO ITW Ichwan Abdillah dalam kesempatan ini menyampaikan pasca pandemi, sektor pariwisata menjadi sektor yang paling terdampak.

“Banyak pekerja di sektor pariwisata kehilangan pekerjaannya, untuk itu mari kita sama-sama bertindak untuk mengembalikan kejayaan pariwisata Indonesia yang merupakan salah satu sektor dan ekosistem pariwisata terbaik di dunia,” ajaknya.

Harapannya melalui kegiatan ini semua pihak mendukung untuk kebangkitan pariwisata di Indonesia bermula dari Bali. Melalui kerja sama dengan BEM Fakultas Pariwisata pihaknya menggelar kegiatan ini untuk memicu kebangkitan pariwisata. 

“Kegiatan G20 yang digelar di Bali juga diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan pariwisata di Bali,” pinta Ichwan.

Pangdam IX Udayana diwakili Staf Ahli yang turut hadir dalam symposium ini menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara kegiatan dan berharap kegiatan berjalan lancar serta mencapai tujuan yang diharapkan oleh kedua belah pihak. Bali telah mengalami perjalanan panjang pariwisata dengan berbagai gangguan keamanan, bencana alam dan pandemi covid. Hal ini berpengaruh pada perekonomian Bali yang sebagian besar bergantung pada sektor pariwisata.

“Penyelenggaraan simposium ini dinilai sangat positif bagi kepariwisataan di Indonesia karena menggandeng mahasiswa dari Fakultas Pariwisata serta pemangku kepentingan di sektor pariwisata untuk bersama-sama memikirkan upaya pemulihan industri pariwisata di Indonesia,” paparnya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud Prof. Ngakan Putu Gede Suardana dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Fakultas Pariwisata dan ITA yang telah menggelar acara ini.

Ia berharap kegiatan-kegiatan seperti ini banyak dilakukan oleh mahasiswa untuk menambah wawasan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Berbicara tentang pariwisata, Bali adalah salah satu destinasi wisata yang terbaik di dunia dan merasakan sangat terpuruk pada masa pandemi.

Tahun 2022 ini Bali mulai bangkit dan pihaknya berharap sektor pariwisata ini bisa kembali bergeliat dengan adanya G20 di Bali, begitu juga dengan sektor-sektor lainnya.

“Kegiatan yang digelar ini sangat luar biasa dimana ada dua kegiatan yakni symposium tourism dan tourism festival, kami berharap dapat ditambah satu kegiatan lagi yakni tourism competition. Harapannya agar diadakan kegiatan sejenis dengan skala kompetisi tingkat nasional yang bisa di-rekognisi di Simkatmawa dan IKU,” harap Prof. Ngakan.

Pada kegiatan ini dilaksanakan dua studium general dengan narasumber Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga S. Uno dan Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo yang berlangsung secara daring.

Di samping itu juga menghadirkan pembicara dari DPR RI, ASITA, Kemenpora, Dinas Pariwisata Provinsi Bali dan Dekan Fakultas Pariwisata Unud. (BB/501)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5057-BEM-Fakultas-Pariwisata-Unud-Bekerjasama-dengan-Indonesia-Tourism-Watch-Gelar-Tourism-Symposium-dan-Tourism-Festival.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button