Thursday, 25-07-2024
Peristiwa

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Spesialis Ilmu Kesehatan THT-KL FK Udayana

Pelaksanaan Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Spesialis Ilmu Kesehatan THT-KL FK Udayana. Foto: fk/unud

Denpasar | barometerbali – Kegiatan Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Spesialis Ilmu Kesehatan THT-KL FK Udayana di lembaga mandiri Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melakukan asesmen lapangan dalam rangka akreditasi Program Studi Spesialis Ilmu Kesehatan THT-KL Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Akreditasi ini dilaksanakan guna menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan serta layanan di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Bertempat di ruang Dr A A Made Djelantik, Asesmen Lapangan oleh LAM-PTKes diselenggarakan selama 3 hari pada tanggal 10 – 12 November 2022 dengan 2 orang asesor yaitu Dr. dr. H. Edi Handoko, Sp.T.H.T.K.L (K) (Asesor 1) dan Dr. dr. Lina Lasminingrum, Sp.T.H.T.K.L (K), M.Kes sebagai Asesor 2.

Acara diawali dengan sambutan dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes dan dibuka oleh Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU dan sekaligus membuka acara Akreditasi Program Studi Spesialis Ilmu Kesehatan THT-KL Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Dr. Januartha dalam sambutannya menyampaikan Program Studi Spesialis Ilmu Kesehatan THT-KL sampai saat ini sudah menghasilkan lulusan yang mengabdikan ilmunya di masyarakat Bali maupun di luar Bali. Selain itu Program Studi Spesialis Ilmu Kesehatan THT-KL juga sudah meraih prestasi dibidang akademik maupun non akademik.

Semakin pesat perkembangan teknologi di bidang kesehatan serta tuntutan dari masyarakat maupun para pemangku kepentingan, program studi harus tetap menjaga kualitas proses pendidikan serta kaidah-kaidah yang ditentukan program studi. Pada hari ini Program Studi Spesialis Ilmu Kesehatan THT-KL kedatangan tim asesor yang melihat secara langsung apakah dokumen yang dikirimkan sudah sesuai dengan keadaan di lapangan.

“Harapan kami semua staf di program studi bisa bekerjasama dengan tim asesor untuk menyediakan data yang di minta oleh tim asesor supaya bisa memberikan gambaran riil dan komplit di Program Studi Ilmu Kesehatan THT-KL” ucap Dr. Januartha

Ia juga mengajak Program Studi Spesialis Ilmu Kesehatan THT-KL bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan unggul, menghasilkan lulusan yang berkompeten yang memiliki kualitas mumpuni untuk mendukung upaya pemerintah dalam meratakan dan meningkatkan kualitas pelayanan bagi seluruh masyarakat Indonesia serta proses akreditasi ini dapat memicu pengembangan budaya mutu yang berkesinambungan” imbuh Dr. Januartha

Prof. Antara menyampaikan Universitas Udayana saat ini memasuki usia ke-60 tahun, memiliki tiga lokasi kampus diantaranya kampus Sudirman, kampus Pulau Nias dan kampus Bukit Jimbaran serta memiliki 118 program studi dimana sebesar 70% sudah mendapat akreditasi unggul maupun A dan sisanya masih akreditasi B.

Untuk ke depannya program studi yang masih terakreditasi B akan didorong menjadi unggul dan program studi unggul akan didorong ke akreditasi internasional.

“Peran Fakultas Kedokteran di Universitas Udayana sangat penting sehingga apapun langkah-langkah program studi yang ada di Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana siap mendukung serta mengawal serta berjalan bersama untuk mencapai tujuan,” ucap Prof Antara 

Fakultas Kedokteran menurutnya terdiri dari 33 program studi dimana 14 program studi sudah mendapat akreditasi unggul.

“Harapan kami Program Studi Spesialis Ilmu Kesehatan THT-KL menjadi program studi yang mendapat nilai unggul yang ke 15 di Fakultas Kedokteran” imbuh Prof. Antara.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Direktur Bidang Perencanaan Operasional dan Umum RSUP Prof dr I Goesti Ngoerah Gde Ngoerah, Direktur RS Jejaring, Ketua LP3M Unud, Kepala USDI, Kepala Perpustakaan Unud, Para Wakil Dekan FK Unud, Para Ketua Departemen, Para Koordinator Program Studi, Para Koordinator Unit dan seluruh Tim Task Force Akreditasi.

Agenda asesmen hari ini adalah pertemuan tim asesor dengan pimpinan unit pengelola program studi, dan wahana praktek. Presentasi dan klarifikasi oleh pimpinan unit pengelola program studi, tim asesor dengan pimpinan unit pengelola program studi

Wawancara dan asesmen terhadap kecukupan dosen yang mengajar pada program studi

Wawancara dan asesmen terhadap kecukupan tenaga kependidikan tentang pelayanan akademik dan non akademik.

Wawancara dan asesmen dengan mahasiswa yang mewakili semua mahasiswa dari setiap angkatan tentang pelayanan akademik dan non akademik. (BB/501)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2148-Asesmen-Lapangan-Akreditasi-Program-Studi-Spesialis-Ilmu-Kesehatan-THT-KL-Fakultas-Kedokteran-Universitas-Udayana.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button