Sunday, 21-07-2024
Pendidikan

Tim Asesor LAM-PTKes Akreditasi Prodi Spesialis Ilmu Kesehatan THT-KL Fakultas Kedokteran Unud

Rektor Universitas Udayana Prof. I Nyoman Gde Antara memukul gong usai memberi sambutan saat kunjungan Tim Asesor LAM-PTKes Akreditasi Prodi Spesialis Ilmu Kesehatan THT-KL Fakultas Kedokteran Unud di Ruang AA. Djelantik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana kampus Sudirman Denpasar, Kamis (10/11/2022). Foto: fk/unud

Denpasar | barometerbali – Program Studi Spesialis Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala Leher (THT-KL) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) dikunjungi oleh Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), di Ruang AA. Djelantik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana kampus Sudirman Denpasar, Kamis (10/11/2022)

Acara dibuka oleh Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU, dan turut dihadiri Direktur Bidang Perencanaan Operasional dan Umum RSUP Prof dr I Goesti Ngoerah Gde Ngoerah, Direktur RS Jejaring, Ketua LP3M Unud, Perwakilan USDI, Kepala Perpustakaan Unud, para Wakil Dekan FK Unud, para Ketua Departemen, para Koordinator Program Studi, para Koordinator Unit, dan seluruh Tim Task Force Akreditasi Program Studi Spesialis Ilmu Kesehatan THT-KL.

Mengawali acara, Dekan Fakultas Kedokteran Unud Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes menyampaikan, prodi THT-KL dalam pelaksanaan tugasnya telah menghasilkan lulusan yang saat ini mengabdikan ilmunya di masyarakat, bukan hanya di pulau Bali saja, akan tetapi juga di luar Bali.

“Selain itu prestasi-prestasi nonakademik juga banyak diraih baik dari dosen maupun peserta didik dari prodi THT-KL ini. Di sini sistem penjaminan mutu sangat memegang peranan yang sangat strategis untuk menjamin kualitas pendidikan yang dilaksanakan prodi,” terangnya.

Secara kelembagaan, pihaknya sudah memiliki sistem penjaminan mutu internal berjenjang dari tingkat universitas, fakultas maupun prodi, tetapi sistem penjaminan mutu internal belumlah lengkap, apabila tidak diikuti oleh sistem penjaminan mutu eksternal.

Kedatangan Tim Asesor dari LAM-PTKes selama tiga hari ke depan untuk melihat secara langsung apakah laporan yang disampaikan tersebut sudah sesuai dengan kenyataan di lapangan.

“Harapannya prodi dapat bekerja dengan baik dan menyiapkan semua data yang dibutuhkan oleh Tim Asesor, sehingga nanti mendapatkan hasil yang maksimal dari akreditasi tersebut,” tandas Dr. Januartha.

Sementara itu Rektor Universitas Udayana Prof. I Nyoman Gde Antara dalam kesempatan menyampaikan harapannya, semoga kedatangan tim asesor ke Unud dapat memberikan sesuatu untuk mengembangkan Unud lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang.

“Universitas Udayana saat ini memasuki usia ke 60 tahun, memiliki tiga lokasi kampus di antaranya kampus Sudirman, kampus Pulau Nias dan kampus Bukit Jimbaran dan memiliki 119 program studi di mana sebesar 70% sudah mendapat akreditasi unggul maupun A dan 30% masih terakreditasi B. Untuk kedepannya program studi yang masih terakeditasi B akan didorong menjadi unggul dan program studi unggul akan didorong ke akreditasi Internasional,” paparnya.

Selain itu juga disampaikan tentang profil universitas meliputi jumlah fakultas, jumlah mahasiswa, dosen, dan pegawai di Unud. Kedepan Unud diharapkan bisa menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum, yang saat ini masih berproses dan tahun depan sesuau peraturan pemerintah diharapkan sudah menjadi PTN-BH.

Rektor menyampaikan peran Fakultas Kedokteran di Universitas Udayana sangat penting, sehingga apapun  langah-langkah program studi yang ada di Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana siap mendukung serta mengawal dan berjalan bersama untuk mencapai tujuan.

Fakultas Kedokteran memiliki 33 Program Studi, sekarang ini jumlah akreditasi unggul di FK berjumlah 14 Program Studi, tetapi di tingkat Universitas program studi yang terakreditasi unggul tersebut sebanyak 28 Program Studi.

“Harapan kami Progam Studi Ilmu Kesehatan THT-KL menjadi program studi yang mendapat nilai unggul yang ke 15 di Fakultas Kedokteran,” tandasnya. (BB/501)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5114-Tim-Asesor-LAM-PTKes-Lakukan-Akreditasi-Program-Studi-Spesialis-Ilmu-Kesehatan-THT-KL-Fakultas-Kedokteran-Universitas-Udayana.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button