Wednesday, 12-06-2024
KTT G20

Tiba di Bali, Joe Biden: Amazing Splendid Wonderful

Pesawat kepresidenan AS, Air Force One, yang membawa Presiden Biden tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sekitar pukul 21.46 Wita.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dengan pesawat Air Force One usai mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, disambut penari Pendet yang membuatnya kagum, pada Minggu, 13 November 2022. Foto: screenshot/ ig@g20

Badung | barometerbali – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah tiba di Indonesia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Joe Biden mengungkapkan kekagumannya ketika disambut tarian khas Bali yakni Tari Pendet.

Hal itu diungkapkan Menparekraf Sandiaga Uno saat menyambut Joe Biden di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Minggu (13/11/2022) malam. Sandiaga mengaku sempat mengobrol saat berjalan kaki bersama Biden.

“Dia sangat kagum dan dia ucapkan ‘amazing, splendid, wonderful. Sebagai rasa terima kasih dia mengucapkan ‘thank you’ kepada para penari,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis dari Tim Komunikasi dan Media G20.

Seperti diketahui, sejumlah pemimpin negara G20 dan organisasi internasional mulai tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Minggu, 13 November 2022. Kehadiran para pemimpin tersebut adalah untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali yang akan digelar pada 15-16 November 2022.

Salah satu pemimpin negara yang tiba pada hari ini adalah Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. Pesawat kepresidenan AS, Air Force One, yang membawa Presiden Biden tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sekitar pukul 21.46 Wita.

Selepas turun dari pesawat, Presiden Biden disambut para penari Pendet. Presiden Biden kemudian berjalan menuju rangkaian kendaraan yang telah disiapkan dan segera meninggalkan bandara.

Sebelumnya, sejumlah pemimpin organisasi internasional juga tiba di Bali. Executive Chairman World Economic Forum (WEF) Klaus Schwab tiba sekitar pukul 18.56 Wita dan disambut langsung oleh Gubernur Bali Wayan Koster.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, tiba tidak lama setelahnya dan disambut Menteri BUMN Erick Thohir. Selanjutnya, Direktur Jenderal Organisasi Buruh Internasional (ILO) Gilbert F. Houngbo dan Presiden Islamic Development Bank (ISDB) Muhammad Sulaiman Al Jasser juga tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Menteri Luar Negeri Mexico, Marcelo Ebrard Casaubon kemudian mendarat dan disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, yang datang bersama pasangannya, mendarat setelah Presiden Joe Biden. Presiden Republik Korea Yoon Suk-yeol beserta Nyonya Kim Keon-hee mendarat setelahnya, sekitar pukul 22.30 Wita.

Utusan Khusus Perdana Menteri Fiji, Ratu Inoke Kubuabola, dan Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida yang datang bersama Nyonya Yuko Kishida juga dijadwalkan tiba di Bali pada malam ini.

Dalam keterangannya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai setelah mendarat dari Kamboja, Presiden Jokowi mengonfirmasi bahwa 17 pemimpin negara G20 akan hadir pada KTT kali ini. Presiden juga telah mendapatkan laporan bahwa KTT G20 sudah siap sepenuhnya.

“Ini sangat menggembirakan di tengah masa yang sangat sulit seperti sekarang ini, apalagi Presiden Joe Biden dan Presiden Xi Jinping juga akan hadir. Indonesia terus memperjuangkan perdamaian dunia serta menjadi bagian dari solusi berbagai krisis dan pemulihan ekonomi,” tandasnya. (BB/501/BPMI Setpres)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button