Sunday, 23-06-2024
Peristiwa

Bukan “Tukang Terang”, BRIN dan BMKG Modifikasi Cuaca KTT G20

Foto: Sinergi BRIN, BMKG dan TNI AU dalam melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) demi suksesnya acara dan perhelatan KTT G20 di Bali. (hms/brin)

Jakarta | barometerbali – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan TNI AU turut mendukung suksesnya gelaran Konferensi TIngkat Tinggi (KTT) G20 di Bali mulai 14 – 16 November 2022 melalui pelaksanaan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC). Tidak ada informasi valid yang menyebutkan pihak panitia melibatkan tukang terang (pawang hujan-red) guna menghalau hujan di venue-venue utama KTT G20.

Hal ini juga sebagai antisipasi atas prediksi terkait potensi hujan di wilayah Bali pada bulan November 2022 yang cukup tinggi, sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu pelaksanaan agenda KTT G20, terutama untuk serangkaian acara yang diselenggarakan di ruang terbuka (outdoor) seperti Gala Dinner delegasi VVIP di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Ungasan, Badung pada Selasa (15/11/2022) malam.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko melalui pesan elektronik mengatakan, pihaknya siap melaksanakan operasi TMC guna mendukung penyelenggaraan KTT G20.

“Oleh Menko Kemaritiman dan Investasi, BRIN ditunjuk untuk memimpin pelaksanaan Operasi TMC dengan dukungan dari BMKG untuk analisa cuaca dan TNI-AU untuk armada pesawat,” ungkap Handoko, Senin (14/11/2022) dikutip dari laman resmi brin.go.id.

“Secara teknis, pelaksanaan Operasi TMC dilaksanakan oleh Laboratorium Pengelolaan Teknologi Modifikasi Cuaca di bawah koordinasi Direktur Pengelolaan Laboratorium, Fasilitas Riset dan Kawasan Sains Teknologi dan Deputi Bidang Infrastruktur Riset dan Inovasi,” lanjut Handoko.

Tim operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC). (hms/brin)

Adapun pelaksanaan operasi TMC ini didasarkan atas surat yang dikeluarkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Nomor B-4859/MENKO/MARVES/HM.02.00/ X/2022 tanggal 12 Oktober 2022 meminta kepada Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) agar menyiapkan pelaksanaan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mendukung penyelenggaraan KTT G20 di Bali. (BB/501/hms/brin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button