Saturday, 22-06-2024
Pendidikan

Tingkatkan Pengelolaan Jurnal di Unud, Unit JUPI Gelar Pelatihan dan Pendampingan

Foto: Unit JUPI Gelar Pelatihan dan Pendampingan Unud di Prime Plaza Hotel Sanur, tanggal 24 – 25 November 2022. (rtr/unud)

Sanur | barometerbali – Unit Jurnal Unud dan Publikasi Ilmiah (JUPI) Universitas Udayana menggelar “Pelatihan dan Pendampingan Unud Journal Menuju Akreditasi Nasional: Strategi Peningkatan Akreditasi SINTA” dan “Pengembangan Unud Journal Menuju Bereputasi Global: Strategi Indeksasi Global” yang berlangsung di Prime Plaza Hotel Sanur, selama dua hari tanggal 24 – 25 November 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unud dan diikuti peserta yang merupakan pengelola Jurnal di lingkungan Unud dan juga diikuti oleh peserta dari beberapa perguruan tinggi di Bali. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini yakni Prof. Dr. Muji Setiyo, ST.,MT dari Universitas Muhammadiyah Magelang dan selaku moderator Dr. Ni Ketut Arismayanti, SST.Par.,M.Par dan Dr. Gede Mekse Korri Arisena, SP.,M.Agb.

Ketua Panitia A.A Diah Parami Dewi, ST.,MT.,Ph.D dalam laporannya menyampaikan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mendampingi penyiapan beberapa jurnal yang sudah memasuki masa reakreditasi dan beberapa jurnal baru yang belum terakreditasi.

“Di samping itu juga perlu mempersiapkan diri untuk mengajukan akreditasi SINTA dan untuk memberikan strategi bagi pengelola jurnal dalam meningkatkan kualitas tata kelolanya menuju jurnal yang mampu terindeksasi internasional,” ungkap Diah.

Melalui pelaksanaan kegiatan ini pihaknya mengharapkan pengelola jurnal semakin bersemangat, sehingga di tahun mendatang, dari 131 jurnal yang ada di Unud, jurnal yang belum terakreditasi segera terakreditasi, dan jurnal yang sedang melakukan reakreditasi dapat naik peringkat SINTA nya, serta akan lebih banyak jurnal yang terindeksasi global.

Sementara Wakil Rektor Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP.,IPU menyampaikan, akreditasi jurnal adalah pengakuan resmi atas penjaminan mutu jurnal ilmiah dengan penilaian melalui kewajaran penyaringan naskah, kelayakan pengelolaan, dan ketepatan waktu penerbitan jurnal.

“Peringkat akreditasi menunjukkan kualitas dari suatu jurnal. Saat ini di Unud memiliki 131 jurnal, 87 diantaranya sudah terakreditasi dan ada 44 jurnal belum terakreditasi dan ini memerlukan penanganan serius,” rincinya.

Oleh sebab itu pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung prakarsa Tim JUPI mengadakan pelatihan dan pendampingan Unud Journals menuju akreditasi nasional dan juga meningkatkan peringkat/grade jurnal menuju bereputasi global. Harapannya, melalui kegiatan ini pengelola jurnal semakin bersemangat, sehingga tahun mendatang lebih banyak jurnal yang terakreditasi dan dapat naik peringkat SINTA nya serta lebih banyak yang terindeksasi global.

“Kami memberikan apresiasinya kepada narasumber yang telah memandu dan mendampingi pengelola jurnal di Unud menuju akreditasi nasional dan indeksasi Scopus. Pihaknya mengajak untuk bersama-sama dan terus meningkatkan mutu jurnal ilmiah Indonesia, baik dari sisi pengelolaannya maupun dari sisi substansinya,” ucap Wakil Rektor.

Dalam pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini peserta diberikan materi terkait penilaian tata kelola jurnal menuju Akreditasi Nasional, penilaian substansi jurnal menuju Akreditasi Nasional, pendampingan persiapan Re-akreditasi dan Akreditasi Nasional, kriteria insklusi pada Scopus dan strategi pencapaiannya serta pendampingan persiapan pendaftaran ke Scopus. (BB/501)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5188-Tingkatkan-Pengelolaan-Jurnal-di-Universitas-Udayana-Unit-JUPI-Selenggarakan-Pelatihan-dan-Pendampingan.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button