Friday, 19-07-2024
Pendidikan

Baru 1 Jam Launching, Program Magister Komputer ITB STIKOM Bali Jaring Satu Kelas

Ada juga program kuliah S1 dan S2 terusan

Foto: Rektor ITB STIKOM Bali Dadang Hermawan bersama Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar Prof. Dr. I Made Bandem, MA, dan Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti Drs. I.B. Dharmadiaksa, M.Si.,Ak.,C.A., me-launching Program Magister Komputer Prodi Sistem Informasi ITB STIKOM Bali di kampus setempat, Jumat (25/11/2022). (BB/db)

Denpasar | barometerbali – Program Magister Komputer dengan Program Studi Sistem Informasi, ITB STIKOM Bali sudah lama diidamkan dan benar-benar ditunggu masyarakat. Terbukti, baru saja dilaunching 1 jam, sedikitnya 1 kelas sudah mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru angkatan perdana tahun akademik 2022/2023. Untuk angkatan perdana ini ITB STIKOM Bali menargetkan terjaring 90 mahasiswa baru atau 3 kelas.

Peluncuran Program Magister Komputer ITB STIKOM Bali ini dilakukan oleh Prof. Dr. I Made Bandem, MA selaku Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar – yang menaungi ITB STIKOM Bali – bersama seluruh Pengurus Yayasan dan seluruh Dosen dan karyawan di kampus tersebut, Renon, Denpasar, Jumat (25/11/2022).

Sebelumnya, bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 Nopember 2022, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII Bali dan NTB Dr. Ir. I Gusti Lanang Bagus Erotadi ST., MT atas nama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI menyerahkan izin operasional penyelenggaraan pendidikan Program S-2 Sistem Informasi kepada Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan yang saat itu didampingi Wakil Rektor II Dr. Ni Luh Putri Srinadi, SE., MM.Kom dan Staf Center of Ecxcellent (Pusat Keunggulan) Dr. Dandy Pramana Hostiadi, S.Kom., MT.

Dalam sambutannya, Prof. Made Bandem meluapkan rasa syukur dan kegembiraannya atas keluarnya izin operasional Magister Komputer ini. Sebab, butuh waktu perjuangan sekitar 3 tahun akhirnya terwujud. Mantan Rektor ISI Denpasar dan ISI Yogyakarta ini mengisahkan, setelah berjuang mentrasformasikan STMIK STIKOM Bali menjadi ITB STIKOM Bali pada Mei 2019 lalu, dari situlah pihaknya bersama rektorat terus berupaya mengajukan izin operasional Magister Komputer hingga akhirnya terwujud.

“Saya sangat bersyukur dan bangga bahwa izin perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi menjadi Institut telah disetujui pada bulan Mei tahun 2019 sehingga STMIK STIKOM Bali menjadi Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali. Kegembiraan saya bertambah karena kami ITB STIKOM Bali telah menerima Surat Keputusan Mendikbudristek tentang izin pembukaan Prodi S2 Sistem Informasi,” ungkapnya.

Foto: Press conference Launching Program Magister Komputer Prodi Sistem Informasi ITB STIKOM Bali (BB/db)

“Pada kesempatan ini, saya atas nama pribadi dan yayasan, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada saudara rektor dan jajarannya yang tak kenal lelah berusaha memenuhi segala persyaratan yang diminta oleh Kemendikbudristek RI hingga akhirnya izin operasional Magister Komputer ini bisa keluar dan kita launching hari ini,” sambung Prof. Bandem.

Selanjutnya Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan mengatakan, dengan turunnya izin operasional Magister Komputer ini maka ITB STIKOM Bali adalah satu-satunya PTS di Bali dan Nusa Tenggara yang dipercaya oleh Kemendikbudristek RI untuk menyelenggarakan jenjang pendidikan S-2 Prodi Sistem Informasi.

“Kami adalah perguruan tinggi swasta bidang IT pertama di Bali dan Nusa Tenggara yang menyelenggrakan pendidikan jenjang S-2 Sistem Informasi. Ini sudah lama ditunggu banyak orang dan akhirnya izin operasionalnya kami terima. Nanti gelarnya Magister Komputer atau M.Kom. Untuk angkatan perdana ini target kami bisa menjaring 90 orang mahasiswa baru. Bagi alumni kami, pasti banyak diskon, jadi silahkan daftar menjadi mahasiswa baru S-2 angkatan perdana,” pungkas Dadang Hermawan.

Dadang Hermawan yang didampingi Direktur Program Pasca Sarjana Dr. Roy Rudolf Huzein, MT menjelaskan, mahasiswa Program Pascasarjana Sistem Informasi ini akan menempuh 38 SKS dan beberapa mata kuliah pilihan. Rinciannya, 12 SKS pada semester I, kemudian 12 SKS pada semester II, lalu 8 SKS pada semester III, dan 6 SKS pada semester IV serta mata kuliah pilihan.

“Perkuliahan dilaksanakan dalam 4 semester dan maksimal 8 semester. 1 Semester adalah 14 kali pertemuan, termasuk UTS dan UAS. Dosen adalah tim, minimal 2 orang. Kalau sehari ada 2 mata kuliah maka akan disediakan coffee break. Sebelum ujian tesis mahasiswa diwajibkan ujian TOEFL, TPA dan sertifkikasI IT,” terang Dadang Hermawan.

Dadang Hermawan menambahkan, persyaratan menjadi mahasiswa Program Magister Komputer Prodi Sistem Informasi ITB STIKOM Bali tidaklah rumit.

“Tamat S1/D4 semua prodi, khusus prodi non IT ada matrikulasi secara gratis,” sebutnya.

Lalu berapa biaya kuliah untuk mencapai gelar Magister Komputer atau M.Kom ini?

“Ini rinciannya, biaya pendaftaran hanya Rp700.000, pendaftaran hari pertama 25 Nopember 2022 dan hari kedua 26 Nopember 2022 diskon Rp 300.000. Khusus alumni ITB STIKOM Bali dan grup dapat diskon lagi Rp 200.000. Total biaya kuliah Rp 38.000.000 selama 4 semester, jika lebih dari 4 semester maka membayar lagi pada semester 5 sebesar Rp 5.000.000 per semester. Khusus untuk alumni ITB STIKOM Bali dan grup dapat diskon Rp 2.000.000, kelas pagi dan siang dapat lagi diskon Rp 2.000.000,” urai Dadang.

Ada yang menarik dari peluncuran pembukaan pendaftaran Program Magister Komputer tersebut yakni adanya program kuliah terusan S1 dan S2 bagi lulusan SLTA/sederajat tahun 2023 dan sebelumnya. Dalam program tersebut para lulusan SLTA dapat mendaftar langsung ke program S1 sekaligus lanjut S2 sehingga para mahasiswa setelah lulus S1 dapat lanjut ke S2 tanpa menunggu jeda dulu.

“Beberapa keuntungan mengikuti program ini, mahasiswa dapat biaya total lebih murah sampai dengan belasan juta rupiah dan juga lama kuliah lebih cepat 2 semester serta yang paling penting adalah perencanaan masa depan untuk mendapatkan S2 lebih mendekati kepastian,” tandas Dadang. (BB/501/rsn)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button