Thursday, 25-07-2024
Info

Bupati Sanjaya Singgasana-kan Patung Wisnu Murti di Catus Pata Kediri

Foto kolase: Bupati Tabanan Komang Sanjaya (tengah) didampingi Pematung Nyoman Sudarwa (kanan) memimpin peletakan Patung Wisnu Murti (atas) dalam tatakannya di Catus Pata Kediri, Tabanan, Jumat (25/11/2022). (BB/hms/tbn)

Tabanan | barometerbali – Jelang HUT ke-529 Kota Tabanan, Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya mendapatkan “kado besar” dengan memimpin langsung proses pemasangan dan peletakan patung ikonik Wisnu Murti dalam tatakannya di Catus Pata Kediri, Jumat, (25/11/2022).

Hal ini sebagai perwujudan komitmen dari program prioritas di bidang agama, adat, tradisi, seni dan budaya, juga wujud sradha bhakti pemerintah kepada masyarakat khususnya di dua desa adat, yakni Banjar Anyar dan Kediri.
 
Didampingi sekda, para asisten, Kadis PU dan pematung, Bupati Sanjaya menyebutkan pembiayaan patung berasal dari PAD, yang menelan anggaran kurang lebih Rp2 miliar. Patung karya pematung profesional Nyoman Sudarwa asal Desa Penarukan, Kecamatan Kerambitan yang telah dikerjakan sekitar 3 bulan.

“Mudah- mudahan ini sudah kehendak alam, momentum di HUT ke-529 Kota Tabanan, Jayaning Singasana, ini kado kebangkitan beliau untuk membuat Tabanan lebih sejahtera, aman, unggul, madani (AUM). Dan untuk Taman Bung Karno masih dalam proses, kurang lebih Desember 2022 sudah bisa dinikmati masyarakat,” terang Bupati Sanjaya kepada wartawan.

Bupati Sanjaya juga menambahkan, selain merupakan aspirasi dari dua desa adat, yakni Banjar Anyar dan Kediri, pergantian Patung Wisnu Murti juga dikarenakan sudah termakan zaman dan segala macamnya tidak lagi bagus dan sudah pantas diganti dengan yang lebih baik.  

“Ini betul betul detail patungnya (Patung Wisnu Murti), sangat detail sekali. Saya senang lihat patung ini, luar biasa sekali. Ukirannya, pahatan Balinya, ornamennya, detail sekali ini. Arsitekturnya luar biasa sekali ini. Tangan tangannya, guratannya, keren banget dan saya puas melihat patung Wisnu Murti ini,” beber bupati asal Dauh Pala ini.

Selain itu, Bupati Sanjaya juga berharap dengan berdiri tegaknya kembali Patung Wisnu Murti yang merupakan simbol Dewa Pemelihara, yakni pemelihara keharmonisan alam
semesta, mampu memberikan kebahagiaan dan keselamatan bagi seluruh komponen masyarakat. Juga mampu memenuhi keinginan dari seluruh komponen masyarakat yang bukan hanya di Kediri, Tabanan, tetapi juga Bali pada umumnya.

Selebihnya, peletakan patung kali ini tidak mengambil hari khusus seperti saat peletakan pondasi ataupun mulang dasar. Hal ini dikatakan Sanjaya, sudah sesuai kalender kerja, di mana kalender kerja sesuai kontrak selesai pertengahan atau akhir Desember 2022 sudah final. Berat patung kurang lebih 13 ton, maka diperlukan proses mulai dari pemasangan dan sampai finishing. Untuk itu, Sanjaya meminta masyarakat bersabar dan selalu mendukung pembangunan ini.

“Kita juga kemarin menyampaikan, bahwa kado puncak HUT ke-529 Kota Tabanan adalah Patung Wisnu Murti berdiri. Nah, kita penuhi janji itu. Jadi kado HUT Kota nanti 29 November mendatang dengan ibu kotanya Singasana, Patung Wisnu Murti berdiri dan kebetulan sesuai kalender kerja hari ini dipasang, dilanjutkan dengan proses finishing,” pungkas Sanjaya. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button