Sunday, 21-07-2024
Peristiwa

Proaktif Edukasi Program, BPR Kanti Sabet LPS Banking Awards 2022

Foto: Dirut BPR Kanti Made Arya Amitaba tunjukkan piala dan piagam penghargaan LPS Banking Awards 2022 untuk kategori BPR Terbaik di Indonesia, dalam media gathering di Renon, Denpasar, Senin (5/12/2022). (BB/db)

Denpasar | barometerbali – Dinilai proaktif menyampaikan informasi kepada masyarakat akan program, fungsi dan peran Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), BPR Kanti akhirnya berhasil meraih penghargaan LPS Banking Award 2022.

“LPS Banking Award 2022 diberikan kepada BPR Kanti untuk kategori bank terbaik melakukan edukasi dan literasi kepada masyarakat terkait pentingnya pemahaman penjaminan simpanan masyarakat yang dijamin oleh pemerintah. Baik itu berapa jumlah nominalnya dan berapa suku bunga yang dijamin agar masyarakat tidak terjebak dengan bunga-bunga tinggi. Jika bermasalah itu dapat mengganggu sistem pergerakan perekonomian yang ada di daerah,” papar Direktur Utama BPR Kanti Made Arya Amitaba saat media gathering yang dihadiri juga para tokoh dan akademisi Bali di Crispy Duck, Renon, Denpasar, Senin (5/12/2022).

Dirut BPR Kanti Made Arya Amitaba paparkan pencapaian BPR Kanti tahun 2022 ini dalam media gathering, Denpasar, Senin (5/12/2022). (BB/db)

Ditanya soal antisipasi BPR Kanti dengan isu krisis ekonomi tahun 2023 Amitaba menyatakan dengan cara melipatgandakan seluruh kemampuan komponen yang ada secara optimal.

“Wacana-wacana itu harus kita maknai secara positif. Kita menghadapi krisis tentu kita tak mampu melakukan hal yang normal, hal-hal yang menjadi kebiasaan. Ketika terjadi suatu krisis dan resesi, mau tidak mau kita harus lipatgandakan upaya-upaya, kinerja-kinerja kita, kegiatan-kegiatan kita untuk selalu memberikan yang terbaik,” ungkapnya

Amitaba juga menyebutkan mengenai aset yang dimiliki BPR Kanti saat ini dan angka Non-Performing Loan (NPL)-nya masih dalam posisi aman dan terkendali.

“Saat ini BPR Kanti sudah melampaui aset 500 miliar, hampir 600 miliar. Mudah-mudahan di akhir tahun 2022 ini bisa tercapai di atas 600 miliar, dengan NPL yang tetap terjaga di angka 2 persen,” rinci Amitaba.

Seperti diketahui sebelumnya, penghargaan tersebut diterima langsung Direktur Utama BPR Kanti Made Arya Amitaba dalam acara Malam Anugerah LPS Banking Award 2022, di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Grand Indonesia Jakarta, Selasa (29/11/2022) lalu.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa (2 dari kiri) menyerahkan Penghargaan LPS Banking Awards 2022 kepada Dirut BPR Kanti Made Arya Amitaba (2 dari kanan) (bpr/kanti)

Saat itu Amitaba menyampaikan rasa terima kasih kepada LPS dan apresiasi untuk seluruh pegawai BPR Kanti yang secara konsisten terus melakukan sosialisasi terkait LPS kepada masyarakat

“Dalam setiap kesempatan BPR Kanti selalu menyampaikan program, fungsi dan peran LPS. BPR Kanti juga mengedukasi masyarakat agar tidak perlu takut dan ragu ketika berniat menyimpan atau menabungkan uangnya di bank karena dijamin oleh LPS,” terang Made Arya Amitaba.

Ke depan BPR Kanti tetap konsisten dalam sosialisasi terkait LPS sehingga makin banyak masyarakat yang tereduksi untuk tidak ragu lagi  menyimpan uangnya di bank.

Sementara itu, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), untuk pertama kalinya menggelar LPS Banking Award 2022 sebagai bentuk apresiasi kepada industri perbankan yang turut mendukung, dan berperan aktif dalam memajukan industri keuangan untuk mendorong perekonomian nasional.

“Kondisi perbankan yang sangat baik ini tidak terlepas dari peran serta para pelaku industri perbankan yang menjalankan bisnis dengan baik dan prudent. Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada industri perbankan,” jelas Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa dalam sambutannya, di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Terdapat 5 kategori LPS Banking Award 2022 yakni Bank Teraktif dalam Kegiatan CSR, Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Masyarakat, Bank Teraktif dalam Praktik Green Banking, Bank Terbaik dalam Kepatuhan Pelaporan SCV (Single Customer View), dan Bank Terbaik dalam Menyampaikan Informasi mengenai Program Penjaminan Simpanan.

LPS Banking Award 2022 ini turut dihadiri oleh Anggota Dewan Komisioner merangkap Kepala Eksekutif LPS, Lana Soelistianingsih, Anggota Dewan Komisioner LPS, Didik Madiyono, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti, dan para Direktur Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat serta asosiasi perbankan. Direktur Eksekutif Surveilans, Pemeriksaan dan Statistik LPS Priyanto Budi Nugroho mengatakan LPS Banking Award 2022 telah dimulai sejak tahap pengumpulan data pada Oktober 2022.

Para penerima LPS Banking Awards 2022 (bpr/kanti)

Adapun tahap penjurian ini antara lain penjurian kategori, Bank Teraktif dalam CSR, Bank Teraktif dalam Literasi Keuangan masyarakat dan Bank Teraktif dalam praktik Green Banking. Kemudian, dua kategori lainnya ditentukan oleh Bank Terbaik dalam Kepatuhan SCV dan Bank Teraktif dalam Inisiatif Sosialisasi LPS.

Dewan Juri LPS Banking Award 2022 terdiri dari, Direktur Eksekutif Surveilans, Pemeriksaan dan Statistik (LPS) Priyanto Budi Nugroho, Direktur Utama Infobank Eko B. Supriyanto, Ketua Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Sutan Emir Hidayat, Ketua Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Joko Suyanto, Sekjen Perhimpunan Bank Umum Nasional (Perbanas) Anika Faisal dan Akademisi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Telisa Aulia Felanti. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button