Thursday, 25-07-2024
Peristiwa

Medan Tuan Rumah HPN 2023, SMSI Gelar Ekspedisi Toba

Foto: Ketua PWI Pusat Atal S. Depari (dua dari kiri) dan Ketua HPN 2023 Mirza Zulhadi (kiri) dalam rapat panitia pelaksana Hari Pers Nasional (HPN) di kantor PWI Pusat, Jakarta, Senin (5/12/2022). (kolase/pwi/smsi)

Jakarta | barometerbali – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 mendatang, Kota Medan, Sumatera Utara telah ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggara oleh Panitia Pusat HPN 2023.

Ketua HPN 2023, H Mirza Zulhadi mengatakan bahwa penyelenggaraan HPN di Kota Medan mendatang tetap mengagendakan beberapa program seperti Seminar Pers.

“Seminar Pers nantinya akan kita rancang semacam ‘Seruan Medan’ lah, yang mengetengahkan Pers Indonesia itu seperti apa, ke depan baiknya seperti apa. Selain itu akan ada Seminar Olahraga yang materinya tentang PON, di mana Medan dan Aceh menjadi tuan rumah. Nantinya kita bicarakan persiapan dua kota itu serta persiapan tempat pertadingannya bagaimana. Itulah dua seminar yang utama,” ungkap Mirza Zulhadi usai Rapat Panpel HPN di kantor PWI Pusat, Senin (5/12/2022).

Dikatakannya, selain itu, seperti tahun sebelumnya, dalam penyelenggaraan HPN juga akan ada pameran pers.

“Pameran pers nantinya ditampilkan pers dari masa ke masa berujung pada metaverse. Kita akan mencoba menggambarkan metaverse itu seperti apa sih, dunia virtual itu seperti apa. Nah selain itu, juga akan diadakan konvensi yang membicarakan masa depan dunia jurnalisme dan masa depan media. Itu dari Dewan Pers pematerinya,” ungkap Mirza Zulhadi.

Mirza Zulhadi yang juga Sekjen PWI Pusat ini menjelaskan, selain seminar dan konvensi, ada yang baru diketengahkan di HPN 2023 Medan tersebut, yakni akan digelarnya pertemuan wartawan ASEAN yang tergabung dalam Confederation of ASEAN Journalist (CAJ).

“CAJ akan digelar di HPN 2023 nanti karena Presiden CAJ dari Indonesia, yakni Ketua PWI Pusat sendiri, Pak Atal S. Depari. CAJ nanti akan melakukan dialog internasiol dengan mengundang narasumber dari Eropa dan Amerika. Acara ini nantinya akan dilaksanakan secara daring dan tatap muka,” terangnya.

HPN 2023 di Kota Medan, lanjut Mirza Zulhadi, juga akan mengadakan bakti sosial, penanganan masalah stunting, serta tour ke Danau Toba bagi peserta HPN 2023.

Namun tour ke Danau Toba bagi peserta HPN ini masih tentatif karena harus disesuaikan dengan jadwal,” kata Mirza Zulhadi.

Ekspedisi Dana Toba

Untuk memeriahkan HPN di Medan, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) memastikan penyelenggaraan Ekspedisi Geopark Kaldera Danau Toba. Kegiatan yang dimotori oleh SMSI Provinsi Sumatera Utara ini sudah mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Utara sudah mendukung penuh Ekspedisi Geopark Kaldera Toba (GKT) yang digelar SMSI dalam rangkaian menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 di Sumut, tanggal 4 – 6 Februari mendatang.

Dukungan disampaikan Kadisbudpar Sumut, Zumri Sulthony, saat menerima kunjungan audiensi Pengurus SMSI Sumut dan Panitia HPN 2023 SMSI di Sumut, di Kantor Disbudpar Sumut, Jalan RS Haji Medan, Medan, Rabu (5/10/2022) lalu

Dukungan disampaikan pada pengurus SMSI yang hadir dalam kunjungan tersebut, antara lain Ketua SMSI Sumut, Zulfikar Tanjung, Wakil Ketua Agus S Lubis, Ketua Panitia HPN 2023 SMSI di Sumut, Erris J Napitupulu, Sekretaris Benny Pasaribu, Wakil Sekretaris Irwan Manalu dan Ketua SMSI Kota Medan, Bobby O Zulkarnaen dan panitia lainnya, Ayu Kesumaningtyas. (BB/501/pwi/smsi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button