Sunday, 21-07-2024
Pendidikan

Munas VI Aptikom Bahas Percepatan Transformasi Digital

Foto: Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa Putra membuka Musyawarah Nasional (Munas) VI Tahun 2022 di Sanur Prime Plaza, Bali pada 8 – 10 Desember 2022. (BB/db)

Sanur | barometerbali – Musyawarah Nasional (Munas) VI tahun 2022 mengambil tema, “Memberdayakan Kecerdasan Artifisial untuk Percepatan Transformasi Digital di Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Masyarakat 5.0.”, digelar Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) VI Tahun 2022 di Sanur Prime Plaza, Bali pada 8 – 10 Desember 2022.

Rektor ITB STIKOM Bali Dadang Hermawan selaku tuan rumah penyelenggaraan Munas Aptikom 2022 saat sambutan pembukaan Munas/ICIC/Semnastik Aptikom 2022 mengatakan kegiatan ini dihadiri 784 peserta Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer dari 38 provinsi di Indonesia. Ko

“Dalam Munas Aptikom VI menyediakan platform bagi para peneliti dan praktisi dari kedua akademisi serta industri untuk memenuhi perkembangan terkini di bidang IT. Percepatan transformasi digital menuju masyarakat 5.0 dengan menggunakan Revolusi Industri 4.0,” tandas Dadang.

Rektor ITB STIKOM Bali Dadang Hermawan saat memberikan sambutan (BB/db)

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa Putra menyambut baik Munas VI Aptikom diadakan di Bali. Hal ini dinilai sebagai dukungan terhadap kegiatan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) di Bali.

“Tema yang dipilih juga kekinian, tidak hanya di dunia pendidikan dari sisi pemerintah juga harus segera melakukan transformasi digital agar selaras dengan masyarakat,” ungkap Gede Indra.

Berdasarkan data dari We Are Social per Januari 2022 sebagian besar masyarakat Indonesia sudah terhubung dengan internet atau sebanyak 73 persen dari total penduduk. Tercatat, total penduduk Indonesia berjumlah 277,7 juta orang pada Januari 2022.

“Harapan kami melalui Munas Aptikom perguruan tinggi di Indonesia bisa membantu masyarakat meningkatkan kecerdasan generasi muda dalam rangka mencapai generasi emas. Berdasarkan survei perguruan tinggi paling favorit saat ini yang berbasis teknologi,” paparnya.

Foto bersama undangan dan peserta Munas VI Aptikom tahun 2022 (BB/db)

Dalam Munas VI Aptikom, Sevima Platform ikut berkontribusi sebagai salah satu sponsor. Tidak hanya itu, dilakukan pula sesi sharing industry bersama Sevima Platform dengan pembicara tenaga ahli Sevima yang merupakan Dosen Universitas Trunojoyo Prof. Wahyudi Agustiono, S.Kom., M.Sc., Ph.D dengan tema Strategi Digitalisasi Kampus. Stan Sevima Platform pun turut meramaikan acara.

Selanjutnya Ketua Umum DPP Aptikom, Prof. Zainal Arifin mengaku akan terus berusaha memperkuat kompetensi sumber daya manusia di bidang teknologi informasi komunikasi (TIK). “Sebagai akademisi akan memberikan pengetahuan, keterampilan yang terbaru, relevan dalam menyongsong generasi emas di tahun 2045 sebagai tanggungjawab kita untuk mempersiapkannya sekarang,” tegasnya.

Jumpa pers usai Pembukaan Munas VI Tahun 2022 di Sanur Prime Plaza, Bali pada 8 – 10 Desember 2022. (BB/db)

Ia mengatakan, pada pertemuan Aptikom 2022 terdapat 3 kegiatan yaitu Munas, International Conference dan Seminar Nasional dengan tema Kecerdasan Artifisial untuk Percepatan Transformasi Digital di Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Masyarakat 5.0. Hal ini sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk melakukan percepatan transformasi digital.

“Karena teknologi sudah hadir di hadapan kita. Kita sudah dipaksa oleh alam, Covid-19 bahwa penggunaan teknologi digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Aptikom siap menahkodai kecepatan transformasi digital ini. Di semua aspek kehidupan kita menggunakan teknologi bukan hanya literasi digital tapi untuk kehidupan bangsa,” pungkasnya. (BB/501)



Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button