Friday, 19-07-2024
Ekbis

Jangan Sembarangan Pilih! Berikut Tips Memilih Setrika Listrik

Foto: Beragam model setrika listrik yang dapat dibeli di situs blibli.com (BB/kolase)

SETRIKA LISTRIK merupakan peralatan rumah tangga yang penting sehingga hampir semua memiliki. Jenis dan model beragam, namun fungsi utamanya sama, yaitu menjadikan pakaian licin dan rapi. Karena banyak produsen yang menjual, jangan sembarangan memilih setrika listrik

Harga mahal tidak menjamin kualitas bagus. Apalagi bila salah dalam penggunaan, akan cepat rusak. Secara umum bagian setrika terdiri dari setrika adalah handle, kabel yang menjadi jalan masuknya aliran listrik, bagian bawah yang bersentuhan dengan pakaian dan bodi. Karena langsung bekerja pada permukaan pakaian, bagian bawah biasanya dilapisi dengan bahan anti lengket sehingga aman terhadap berbagai jenis kain.

Tips Memilih Setrika Listrik

Agar fungsinya maksimal, kuat dan awet sebaiknya teliti sebelum memutuskan untuk membeli produk pelicin pakaian ini. Model yang kekinian belum tentu nyaman dan tepat untuk kebutuhan setrika dalam rumah tangga.

Berikut ini tips yang perlu diperhatikan ketika memilihnya

Cek lapisan antilengket dan antigores pada bagian bawah setrika

Bagian bawah sangat penting agar setrika bisa berfungsi dengan baik. Jika terdapat gores, maka akan menyebabkan setrika lengket pada permukaan pakaian. Pakaian pun akan rusak. perhatikan dengan seksama sebelum membelinya. Antilengket yang baik bertekstur halus tanpa ada rasa kasar sama sekali. Pada permukaan tangan terasa padat dan rapi. Jika bagian ini terdapat sedikit saja kerusakan maka sebaiknya tidak lagi menggunakannya untuk menyetrika.

Pilih yang mempunyai pengontrol suhu otomatis

Masing-masing jenis pakaian mempunyai ketahanan terhadap suhu yang berbeda. Wool dan bahan alam lainnya lebih tahan panas dan semakin tinggi suhu lebih mudah rapi. Sedangkan kain sintetis kurang panas. Suhu yang berlebihan akan menyebabkan terbakar dan rusak. Bagian kain akan menempel pada permukaan setrika sehingga tidak dapat difungsikan kembali. Menggunakan setrika dengan pengontrol suhu otomatis memudahkan pekerjaan. Ketika menggunakannya bisa mengatur panas dengan cara memutar tombol pada angka yang diinginkan. Cara ini sangat praktis. Untuk menaikkan dan menurunkan suhu pun tidak membutuhkan waktu lama sehingga pekerjaan lebih cepat selesai.

Pastikan terdapat lampu indikasi

Berikutnya pastikan pada bagian atas setrika terdapat lampu indikasi. Fungsinya untuk menandakan bahwa setrika sedang mendapat aliran listrik dan dalam posisi siap untuk digunakan. Lampu indikasi juga menandakan tingkat panas dari bagian bawah setrika. Jika pengguna memutar sampai pada angka pilihan, setelah mencapai titik panas, indikasi akan mati. Lampu indikasi berkaitan dengan pengaturan suhu. Namun jika lampu rusak tidak berarti bagian pengatur suhu tidak berfungsi. Karena fungsinya sebagai indikator, bagian ini dapat menjadi petunjuk bagi pengguna jika setrika sampai pada suhu yang diinginkan.

Handle ergonomis

Handle yang nyaman akan menjadikan pengguna tidak mudah lelah menggunakan setrika dalam waktu lama. Karena itu, pilih yang ergonomis. Bentuknya yang menarik menjadikan pengguna semakin mudah menggunakannya. Pastikan juga bagian handle terbuat dari katalisator atau bahan anti listrik. Apabila handle bergetar yang menandakan aliran listrik lewat, berarti setrika tidak berfungsi dengan baik. Jangan menggunakannya untuk menghindari kecelakaan saat menggunakannya seperti tersengat aliran listrik.

Pilih bagian depan runcing

Bentuk dan model setrika sangat bermacam-macam. Mulai dari yang kecil dan tipis sampai berukuran besar dan cukup berat. Agar nyaman dan memudahkan penggunaan, pilih bentuk dengan bagian depan meruncing. Bagian depan yang runcing memungkinkan setrika dapat masuk ke sela-sela pakaian seperti pada antar kancing bagian dalam lengan dan lainnya. Dengan demikian pekerjaan merapikan pakaian lebih mudah dan tidak melelahkan. Hasilnya pun pakaian bisa rapi dan mudah menyusunnya dengan baik.

Memiliki pelindung kabel

Kabel dalam setrika merupakan bagian penting karena berfungsi mengalirkan aliran listrik yang akan berubah menjadi energi untuk memanaskan lapisan bawah. Jika terkelupas atau putus, maka secara keseluruhan setrika tidak akan dapat berfungsi. Pastikan membeli setrika dengan pelindung kabel sehingga tidak mudah terkelupas atau putus yang menyebabkan penggunanya tersengat aliran listrik. Sebaiknya cek dan pilih jenis kabel yang lentur dengan demikian pengguna lebih leluasa memakainya dan bebas bergerak saat menghaluskan pakaian.

Kebutuhan daya sesuai dengan kapasitas listrik di rumah

Tidak sedikit yang membeli setrika dengan energi listrik namun tidak bisa leluasa menggunakannya di rumah karena keterbatasan daya. Sebaiknya pastikan terlebih dulu bahwa daya listrik di rumah memenuhi untuk kebutuhan setrika tersebut. Dalam setiap box tertera kebutuhan watt dan voltase dari setrika. Jika memang supply listrik di rumah terbatas, salah satunya adalah ketika akan menyetrika terpaksa mematikan beberapa perangkat lain. Hal ini memang kurang praktis namun tidak ada pilihan agar tetap bisa menyetrika menggunakan perangkat sesuai keinginan.

Banyaknya model setrika dengan sumber energi listrik seringkali membuat calon pembeli bingung. Namun apabila mengetahui tips untuk memilih bisa mendapatkan produk terbaik sesuai keinginan. Meski banyak toko offline yang menyediakan setrika, namun banyak yang merasa kurang praktis. Selain harus keluar rumah, kadang pembeli justru tidak mudah membandingkan produk.

Untuk mendapatkan setrika listrik terbaik bisa membeli secara online, salah satunya melalui marketplace terpercaya, Blibli Situs belanja online Blibli menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga berkualitas dengan harga sesuai. Karena semua tersedia pada toko online dengan deskripsi yang jelas, memudahkan calon pembeli untuk mendapatkan produk terbaik. Jika ingin mendapatkan berbagai produk peralatan rumah tangga, termasuk setrika listrik, bisa langsung membuka aplikasi Blibli, memilih dan melakukan pembayaran. Produk terbaik pun akan dikirim langsung ke alamat pemesan. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button