Saturday, 22-06-2024
Peristiwa

Sebanyak 1.600-an Wisman Kunjungi Pasar Badung dalam Sebulan

Foto: Sejumlah wisatawan asing yang merupakan penumpang kapal pesiar nampak berkeliling dan berbelanja di dalam Pasar Badung, Kota Denpasar, Minggu (11/12/2022). (BB/hms/pemkot-dps)

Denpasar | barometerbali – Pasar Badung Denpasar dikunjungi oleh wisatawan penumpang kapal pesiar Viking Mars, pada Minggu, (11/12/2022).

Mereka berkeliling di dalam Pasar Badung dan beberapa ada yang membeli buah.

Salah seorang guide (pemandu wisata-red) yang tak mau disebutkan kepada media mengatakan selain Pasar Badung, wisatawan ini juga berkunjung ke Pura Jagatnatha Denpasar.

Ia menambahkan, penumpang kapal yang berkunjung ke Pasar Badung kurang lebih 60-an orang.

Pantauan di lapangan, wisatawan ini naik tiga bus pariwisata.

Sementara itu, dikonfirmasi Dirut Perumda Pasar Sewakadharma Kota Denpasar, IB Kompyang Wiranata, selama ini Pasar Badung memang sering dikunjungi oleh penumpang kapal pesiar.

Selain penumpang kapal pesiar, juga dikunjungi oleh wisatawan mancanegara secara perseorangan, kelompok kecil, maupun kelompok besar.

“Kalau datang ke Pasar Badung biasanya mereka mengajak guide masing-masing. Dan guide ini sudah tahu alurnya,” katanya.

Selain itu, jika ada pemberitahuan ke unit Pasar Badung, maka akan ada petugas yang mengarahkan wisatawan ini termasuk menjelaskan seluk beluk pasar.

Kompyang Wiranata mengatakan, dalam sebulan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pasar Badung mencapai 1.600-an orang.

Seperti halnya pada bulan November kemarin, jumlah pengunjung dari wisatawan mancanegara sebanyak 1.622 orang.

Adapun jumlah kunjungan wisatawan terbanyak datang dari Australia sebanyak 515 orang.

Kemudian disusul wisatawan asal Prancis sebanyak 183 orang dan asal Amerika sebanyak 180 orang.

Selain itu, ada juga dari Spanyol sebanyak 149 orang, India sebanyak 119 orang, dan wisatawan dari negara lain dengan jumlah di bawah seratus.

Bagi Anda wisatawan asing yang ingin mengunjungi Bali, jangan lupa mempersiapkan dokumen penting seperti Surat Izin Mengemudi (SIM). Apalagi Bali terkenal dengan keindahan alamnya di setiap sudut, makanya Anda harus mengeksplorasinya sendiri baik menggunakan mobil atau sepeda motor sewaan. Akan tetapi, mengurus SIM di Indonesia tergolong rumit apalagi jika Anda merupakan warga asing. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan jasa Indonesia International Drivers License untuk mengeluarkan SIM secara resmi dan diakui oleh Pemerintah Indonesia. (501)

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button