Saturday, 22-06-2024
Peristiwa

Cegah Hoaks, Kapolres Klungkung Pantau Langsung Dampak Gempa

Foto: Kapolres Klungkung bersama personel melakukan pengecekan dampak gempa 5,2 SR Karangasem di wilayah Kabupaten Klungkung, Selasa, (13/12/2022) malam. (hms/res/klk)

Klungkung | barometerbali – Dengan adanya gempa bumi dengan berpusat di Wilayah timur laut Karangasem Bali dengan kedalaman 10 km juga dirasakan hingga Kabupaten Klungkung.

Namun dengan adanya informasi dari BMKG, gempa yang berpusat di wilayah timur laut Karangasem yang dirasakan keras terjadi sebanyak 3 kali hingga pukul 19.30 Wita, Selasa, (13/12/2022).

Untuk menghindari adanya informasi hoaks akibat dampak gempabumi yang berpusat d Karangasem, Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta melakukan pengecekan secara langsung dampak gempa yang terjadi di wilayah Kabupaten Klungkung.

“Kami langsung melakukan pengecekan ke seluruh wilayah hukum Polres Klungkung,” kata Kapolres Klungkung.

Pengecekan langsung dilakukan dengan menerjunkan langsung unit Patroli Satuan Samapta Polres Klungkung dengan unit patroli Polsek jajaran untuk mendata dan melihat langsung dampak gempa yang terjadi hari ini.

“Diharapkan kepada masyarakat untuk tidak langsung percaya dengan adanya berita-berita yang disampaikan baik itu di media sosial maupun melalui group-group WhatsApp tentang berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan atau berita (informasi) hoaks,” harapnya.

Seluruh personel Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Klungkung juga secara langsung melakukan pengecekan di desa binaannya akibat dampak gempa yang terjadi.

“Teliti terlebih dahulu dan kalau itu hoaks, cukup untuk diri sendiri saja, jangan lagi di-share yang nantinya dapat membuat kegaduhan dan kepanikan,” imbuhnya.

Dari hasil patroli dan pengecekan langsung bhabinkamtibmas, sampai saat berita ini dibuat tidak ditemukan adanya dampak akibat gempa yang terjadi, baik itu kerusakan rumah, kerusakan gedung-gedung milik pemerintah maupun milik swasta yang ada di wilayah hukum Polres Klungkung.

“Kepada masyarakat untuk tetap waspada, dan tenang serta jangan panik menghadapi gempa yang terjadi, kalau berada di dalam rumah lebih baik ke luar rumah untuk menjaga keselamatan,” pungkasnya. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button