Saturday, 22-06-2024
Ekbis

Akhir Tahun 2022, Pegadaian Siapkan Program Kejutan

Lebih spesial dibanding sebelumnya

Foto: Kepala Departemen Support Kantor Wilayah VII Denpasar Wayan Darmayasa (kiri), Deputy Operasional PT. Pegadaian Kantor Wilayah VII Denpasar Beta Vektor Riski (tengah) dan Kepala Bagian Humas dan Protokoler PT. Pegadaian Kanwil VII Denpasar Komang Hary Wibawa (kanan) saat Media Gathering PT Pegadaian Bali-Nusra di The Gade Coffee & Gold Denpasar, Jl. Thamrin No.39, Jumat (16/12/2022) pagi. (BB/db)

Denpasar | barometerbali – Perhelatan KTT G20 yang berakhir pada pada Rabu, 16 November 2022 sebulan lalu memberikan banyak dampak positif bagi Indonesia, khususnya Bali sebagai lokasi acara. Event internasional itu berhasil meningkatkan pertumbuhan perekonomian Bali secara signifikan. Acara ini dinilai menjadi pendorong pulihnya pariwisata di Pulau Bali karena banyaknya wisatawan mancanegara dan lokal yang berkunjung ke Pulau Bali dan ingin merasakan secara langsung event KTT G20 yang dihadiri oleh Pemimpin Negara-Negara Besar.

Sektor pariwisata Bali dipercaya akan terus meningkat seiring banyaknya minat kunjungan wisatawan karena momen ini juga sangat bertepatan dengan libur di berbagai sekolah yang sekarang mengadakan rekreasi atau study tour dan adanya libur Natal pada bulan Desember yang sangat cocok digunakan untuk berlibur akhir tahun. Sehingga dapat dipastikan bahwa pariwisata Bali akan melonjak pada libur sekolah dan libur hari raya Natal pada bulan Desember ini.

Kali ini, PT Pegadaian Kantor Wilayah VII (Bali-Nusra) memberikan program Kejutan Akhir Tahun 2022 ini kepada nasabahnya. Tak hanya itu, Pegadaian juga memberikan kemudahan dalam bertransaksi seperti dipaparkan dalam acara media gathering yang dihadiri Kepala Departemen Support Kantor Wilayah VII Denpasar Wayan Darmayasa, Deputy Operasional PT. Pegadaian Kantor Wilayah VII Denpasar Beta Vektor Riski dan Kepala Bagian Humas dan Protokoler PT. Pegadaian Kanwil VII Denpasar Komang Hary Wibawa beserta sejumlah wartawan di The Gade Coffee & Gold Denpasar, Jl. Thamrin No.39, Jumat (16/12/2022) pagi.

Kepala Departemen Business Support PT Pegadaian Kantor Wilayah VII (Bali-Nusra) Denpasar Wayan Darmayasa mengatakan, setiap menjelang akhir tahun, akan ada banyak kejutan yang disiapkan untuk nasabah.

Lanjutnya, program Kejutan Akhir Tahun kali ini, juga bakal memberikan penawaran yang gila-gilaan dari tahun-tahun sebelumnya.

“Pegadaian rutin memberikan kejutan menjelang akhir tahun dan setiap tahunnya selalu istimewa. Maka, ini momentum yang tepat bagi masyarakat yang telah lama menunggu penawaran menarik dari Pegadaian,” ungkap Wayan Darmayasa.

Darmayasa menyebutkan, promo Kejutan Akhir Tahun meliputi diskon uang muka mulai Rp15 ribu per gram hingga Rp60 ribu per gram untuk produk Cicilan Emas. Disusul, diskon angsuran untuk tiga produk sekaligus. Masing-masing gadai angsuran atau Kredit dengan Sistem Gadai (Krasida), gadai BPKB dan kredit pembelian kendaraan.

“Jadi promo Kejutan akhir Tahun tidak hanya diskonnya yang gila-gilaan tapi produknya juga lengkap,” imbuhnya.

Adapun kejutan akhir tahun berlaku di seluruh wilayah kerja PT. Pegadaian Kanwil VII Denpasar yaitu, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur,mulai 10 Oktober lalu hingga 31 Desember 2022.

Sementara Deputy Operasional PT. Pegadaian Kantor Wilayah VII Denpasar Beta Vektor Riski menambahkan, PT. Pegadaian naikkan plafon Gadai Tanpa Bunga hingga pinjaman sampai Rp 2,5 juta. Layanan gadai tanpa bunga untuk jangka waktu tertentu ini dinamakan Gadai Peduli untuk outlet konvensional dan Rahn Peduli outlet gadai berbasis syariah. Layanan gadai bebas bunga diberikan bagi nasabah baru maupun nasabah tidak aktif untuk mendapatkan dana cepat dan mudah.

“Berbeda dengan Gadai Peduli sebelumnya, pada Gadai Peduli dan Rahn Peduli kali ini, nasabah bisa memperoleh pinjaman mulai dari Rp50 ribu – Rp2,5 juta dengan fasilitas bebas bunga 60 hari untuk Gadai KCA Reguler dan 30 hari untuk Gadai Harian. Sementara untuk Rahn Peduli, nasabah mendapatkan bebas Mu’nah selama 60 hari untuk Rahn Reguler dan 30 hari untuk Rahn Fleksi. Khusus untuk Gadai Harian dan Rahn Fleksi, Program Gadai Peduli diberikan bagi nasabah yang menjaminkan Barang Elektronik. Barang Elektronik yang dapat dijaminkan meliputi handphone, laptop, tablet, kamera, televisi atau barang elektronik lainnya,” tutur Beta Vektor Riski .

Menurutnya, program Gadai Peduli sudah berlangsung mulai tanggal 10 November lalu hingga 31 Desember 2022. Gadai Peduli diluncurkan dengan harapan dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat umum. Program ini dapat dimanfaatkan oleh segala segmen masyarakat untuk segala tujuan penggunaan pinjaman. Harapan kami juga, program ini dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM, dengan memanfaatkan fasilitas bebas bunga untuk mengembangkan usaha mereka.

“Gadai Peduli merupakan salah satu program yang diluncurkan oleh Pegadaian untuk memberi kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh pinjaman. Fitur yang diberikan dalam Gadai Peduli
dan Rahn Peduli sedikit berbeda jika dibandingkan dengan Gadai Peduli sebelumnya, di mana pinjaman yang diberikan lebih besar, dari sebelumnya maksimal hanya Rp1 juta, kini plafon
pinjaman mencapai Rp2,5 juta,” rinci Beta Vektor.

Ia berharap, program ini dapat memberikan pengalaman baru bagi masyarakat yang belum pernah menjadi nasabah, sehingga makin luas segmen masyarakat yang dapat dilayani oleh Pegadaian. Selain itu juga dapat membantu masyarakat mengatasi kebutuhan dana mendadak
dalam jangka pendek. Bagi masyarakat yang ingin mengakses Gadai Peduli dan Rahn Peduli, bisa langsung datang ke kantor cabang Pegadaian terdekat.

Vektor Riski menjelaskan, KUR Syariah Pegadaian merupakan fasilitas pembiayaan untuk masyarakat yang memiliki usaha produktif untuk pengembangan usahanya dalam jangka waktu tertentu.

“Alhamdulillah apa yang ditunggu-tunggu oleh para pelaku usaha kini datang juga. Pegadaian kini resmi menyalurkan KUR Syariah dengan nominal pinjaman sampai Rp10 juta dengan Marjin/Mu’nah sebesar 6 persen pertahunnya. Kami berharap ikhtiar ini dapat menjadi solusi bagi pelaku usaha Ultra Mikro untuk naik kelas,” urai Vektor.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pengajuan KUR Syariah Pegadaian dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang dan Unit Pelayanan Cabang Pegadaian di seluruh Indonesia. Masyarakat dapat memilih jangka waktu pembiayaan mulai 12, 18, 24 atau 36 bulan dengan minimal usaha yang telah berjalan selama 6 bulan.

“Berbagai sektor usaha dapat dibiayai dengan kredit ini, yang terpenting calon nasabah memiliki usaha dan dilihat dalam usahanya berjalan dengan baik. Biaya yang dipungut dari produk ini relatif terjangkau sehingga tidak akan memberatkan masyarakat karena Pegadaian mendapatkan subsidi dari pemerintah,” tambah Vektor.

Ia mengharapkan agar PT. Pegadaian sebagai lembaga penyalur KUR Syariah pertama nonbank agar dapat mengembangkan amanah ini dengan baik dan tepat sasaran.

“Tahun ini, Pegadaian Bali Nusra mendapat jatah Rp71 miliar untuk menyalurkan KUR dan hingga saat ini sudah tersalurkan senilai Rp34 miliar,” sebut Vektor.

Berbagai usaha yang termasuk kategori kecil dan mikro dapat memperoleh pembiayaan dari KUR Syariah, seperti sektor pertanian, perkebunan dan kehutanan, kelautan dan perikanan, pertambangan garam rakyat, industri pengolahan, jasa produksi serta produksi lainnya

Adapun pembiayaan yang diberikan mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta dengan jangka waktu pinjaman 12 hingga 36 bulan. Tarifnya dikenakan 6% yang efektif per tahun atau 0,28% flat per bulan dari nilai pembiayaan.

Untuk bisa mendapatkan KUR Syariah dari Pegadaian, Anda hanya perlu memenuhi persyaratan seperti memiliki KTP elektronik. Usia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun saat jatuh tempo. Memiliki usaha kecil atau mikro yang sah menurut undang-undang yang berlaku. Tidak sedang mendapatkan fasilitas pembiayaan program pemerintah dan/atau pembiayaan produktif dari lembaga keuangan lain. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button