Saturday, 22-06-2024
Pendidikan

Universitas Udayana Gelar Refleksi Akhir Tahun 2022

Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara bersama jajaran dalam Refleksi Akhir Tahun 2022 dan Menyambut Tahun Baru 2023 di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran, Jumat (30/12/2022). Foto: rtr/unud

Jimbaran | barometerbali – Universitas Udayana (Unud) menggelar kegiatan Refleksi Akhir Tahun 2022 dan Menyambut Tahun Baru 2023 di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran, Jumat (30/12/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor, Ketua Senat, para Wakil Rektor, Kepala Biro, Pimpinan Fakultas dan Pascasarjana, Pimpinan Lembaga, Pimpinan Unit Kerja di lingkungan Unud, Dharma Wanita Persatuan Unud, mahasiswa serta undangan lainnya. 

Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara dalam kegiatan refleksi ini menyampaikan beberapa hal yakni sepanjang tahun 2022, segenap civitas Universitas Udayana telah bekerja dan berkinerja di bidang Tri Dharma dengan sangat baik, dan telah ikut menyukseskan program-program dan kebijakan yang telah dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, khususnya yang berkaitan dengan Pembelajaran dan Kemahasiswaan, SDM, sumber daya dan Kelembagaan Perguruan Tinggi.

“Pencapaian kita di tahun 2022 mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, baik pihak eksternal baik di bidang pelayanan publik, maupun di bidang administratif dan fasilitatif,” ungkap Prof. Antara.

Saat menapaki awal tahun 2022, sejak mencanangkan Unud sebagai ekosistem pendidikan yang bermutu dan terintegrasi pada tahun 2021, dalam wujudkan Visi Unud yaitu “Terwujudnya Perguruan Tinggi yang Unggul, Mandiri, dan Berbudaya”, serta perjalanan panjang Unud dalam capaian akreditasi unggul yang menjadi modal dasar menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH), Unud secara terus menerus memperkokoh lembaga pendidikan, baik di bidang akademik dan non-akademik (sarana prasarana konstruksi dan non-konstruksi).

“Meningkatkan kualitas pendidikan, kualitas kinerja sumber daya manusia (SDM), serta kualitas layanan, sehingga menghasilkan kualitas lulusan yang unggul dan siap bersaing ditingkat regional, nasional, maupun internasional,” bebernya.

Pada prinsipnya Unud PTN BH itu menurut Rektor dalam rangka Unud World Class University. Kunci untuk menjadi world class university adalah bahwa Unud harus memiliki ‘magnet’ yang menjadi daya tarik internasional. ‘Magnet’ tersebut dapat dikembangkan dengan cara mentransformasikan segenap sumber daya yang dimiliki oleh Unud, sedemikian rupa sehingga menjadi daya tarik bagi para peneliti, praktisi dan mahasiswa di mancanegara.

Melalui kesempatan tersebut Rektor juga menyampaikan gebrakan yang telah dilakukan, program-program internasionalisasi , penguatan ekosistem pendidikan, capaian kinerja dan proyek konstruksi yang telah berlangsung serta beberapa hal lainnya. Ke depan tantangan dan pekerjaan besar terus membentang.

“Bantuan, kerja sama, dan saran dari berbagai pihak untuk terus mengembangkan dan menjaga kebesaran Unud sangatlah diharapkan. Kepada segenap Civitas Academica Unud, pihaknya mohon doa dan dukungan untuk Transformasi ke PTN BH dan Internasionalisasi Unud berjalan lancar dan sukses.

Dalam kegiatan Refleksi Akhir Tahun ini juga dilakukan penyerahan berbagai penghargaan diantaranya penghargaan prestasi mahasiswa dan dosen pembimbing, penghargaan Unud Journal Ranking (UJAR), penghargaan kepada Program Studi terkait penelitian, penghargaan kepada Penerima Anugerah Diktiristek, dan penghargaan kepada Jabatan Fungsional Ahli Madya Arsiparis yang Purna Tugas.

Di samping itu juga dilaksanakan penandatanganan Prasasti Gedung Konstruksi di mana terdapat sebanyak 10 Prasasti yang ditandatangani langsung oleh Rektor Unud. Acara diakhiri dengan prosesi lepas Tahun 2022 dan sambut Tahun Baru 2023. (BB/501)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5292-Universitas-Udayana-Gelar-Kegiatan-Refleksi-Akhir-Tahun-2022.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button