Wednesday, 12-06-2024
Perbankan

BPR Kanti Perkuat Kerja Sama Antar-BPR dan Koperasi

Direktur Utama BPR Kanti I Made Arya Amitaba (tengah) dan staf dalam sesi tanya-jawab di hadapan sejumlah awak media di Renon, Denpasar, Sabtu (31/12/2022). Foto: sc/ist

Denpasar | barometerbali – Berawal dari istilah “palugada” (apa lu perlu gue ada-red) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sukawati Panca Kanti atau BPR Kanti tengah memasang jurus baru. Kini strategi “palugada” tersebut telah di-redifined lebih spesifik menjadi Kanti Bersama BPR (KBB) dan Kanti Bersama Koperasi (KBK). Demikian disampaikan Direktur Utama BPR Kanti I Made Arya Amitaba di hadapan sejumlah awak media di rumah makan IGOR Renon, Denpasar, Sabtu (31/12/2022).

Nah, KBB dan KBK nantinya merupakan wadah dari insan BPR dan koperasi di Bali, untuk menjalin kerja sama antar BPR dan koperasi, dan sebagai salah satu sarana untuk menjalin komunikasi antar sesama pengurus BPR dan koperasi baik di Bali maupun luar Bali.

Dalam kesempatan tersebut, Amitaba menjelaskan latarbelakang dibentuknya KBB dan KBK adalah untuk kebersamaan mempererat hubungan antara Insan BPR dan koperasi baik di Bali atau diluar Bali dan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan BPR dan koperasi. Selain itu kerjasama tersebut juga bertujuan membangun ekonomi daerah dengan konsep Grow together strong together BPR dan Koperasi. 

“KBB maupun KBK ini merupakan strategi pemasaran baru yang dilaksanakan oleh BPR Kanti untuk mengoptimalkan strategi pemasaran Palugada , (aPa LU mau Gua aDA), suatu strategi untuk pemasaran pemberian modal kerja kepada BPR maupun koperasi, mengatasi kesulitan likuiditasnya, membuatkan produk bersama dan memberikan bantuan untuk peningkatan “Capacity building” dan peningkatan kompetensi SDM baik di BAPT maupun di koperasi,” tuturnya.

Lebih jauh dikatakan, saat ini adalah momentum yang sangat tepat pasca kembali membaiknya ekonomi pasca pandemi Covid-19 yang sempat meluluh-lantakkan pundi-pundi ekonomi terutama sektor pariwisata, lembaga keuangan dan UMKM. Bagi Amitaba kini saatnya lembaga keuangan daerah baik BPR  dan koperasi berkolaborasi dan bersinergi untuk memajukan ekonomi daerah, dari lembaga keuangan BPR dan koperasi, dengan mendukung penuh pembiayaan pada sektor lembaga keuangan baik BPR maupun koperasi serta sektor pariwisata dan UMKM sebagai andalan utama sumber pendapatan masyarakat Bali.

Menurut Amitaba, BPR Kanti mengambil peran ini, dan membentuk KBB dan KBK yang mana BPR Kanti memiliki tujuan mulia yaitu membangun komunikasi, kerjasama, rasa kebersamaan  dan saling support antar komunitas BPR dan koperasi di Bali.

Salah satu sarana yang paling efektif yang akan dilakukan untuk mempererat hubungan dengan seluruh insan BPR dan koperasi di Bali adalah dengan mengoptimalkan produk Bersama yang telah ada di buat BPR Kanti dengan BPR maupun koperasi  yaitu Tabungan Arisanku Bersama BPR, dan Tabungan Arisanku bersama Koperasi. Produk Tabungan Kanti bersama BPR maupun Tabungan Kanti Bersama Koperasi yang nantinya BPR Kanti berperan sebagai pengelola akun produk tersebut.

Melalui terbentuknya  KBB, dan KBK diyakini akan dapat mengakomodir kebutuhan BPR dan Koperasi, dan selain produk tabungan bersama BPR Kanti juga akan mensuport anggota KBB dan KBK pada program lainnya. Produk-produk tersebut merupakan implementasi dari pelaksanaan fungsi Apex Bank BPR. 

Ke depannya dengan terbentuknya KBB dan KBK ini, kedepannya diharapkan tidak ada lagi terdengar adanya BPR dan koperasi yang kesulitan likuiditas dan termasuk masalah lainnya, karena KBB dan KBK akan sepenuhnya memberikan support dan berharap akan membawa dampak yang positif bagi masyarakat Bali, terutama dalam hal kepercayaan masyarakat akan keberadaan BPR dan koperasi di Bali.

Terkait dan pencapaian kinerja BPR Kanti sampai akhir tahun 2022, tercatat aset bertumbuh sebesar 40,18 persen. Kredit yang tumbuh sebesar 47,69 persen, DPK tumbuh sebesar 25,62 persen dan perolehan laba tumbuh sebesar 69,50 persen.

Pada tahun 2022 BPR Kanti memperoleh 4 Penghargaan karena prestasinya yang antara lain sebagai Bank Sabahat Koperasi, Info Bank Award dengan predikat BPR Sangat Bagus, kemudian Sebagai BPR Innovation Excellent Award 2022 dari Indonesia Best, dan LPS Banking Award  2002 untuk kategori BPR di Indonesia, dengan kategori Bank terbaik dalam menyampaikan informasi mengenai Program Penjaminan Simpanan di LPS. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button