Saturday, 22-06-2024
Peristiwa

Fastboat Kebo Iwa Tenggelam di Perairan Ketewel

Suasana kepanikan penumpang berupaya menyelamatkan diri dari fastboat Kebo Iwa yang tenggelam di perairan Ketewel, Selasa (3/1/2023) pukul 17.20 Wita. Foto: BB/ist/ws.

Sanur | barometerbali – Kapal Fastboat Kebo Iwa Express rute Nusa Penida menuju Sanur mengalami kebocoran dan tenggelam di perairan Ketewel, tepatnya 2 mil arah timur Pelabuhan Sanur Kota Denpasar, (8°40’7.05″S – 115°17’32.15″T), Selasa, (3/12/2023) pukul 17.20 Wita

Kapal berbendera Indonesia dikemudikan nakhoda I Wayan Sania dan ABK, Nengah Cemeng, Wayan Sadra, Toni, Resa, dan Agus Purnawijaya mengangkut 29 orang (6 orang ABK, 23 orang penumpang yang sebagian besar WNA) semuanya terevakuasi selamat oleh kapal di dekatnya yang kebetulan melintas.

“Saya masih di lokasi dan semua penumpang selamat,” kata Iptu I Wayan Antariksawan, Kasat Pol Airud Polres Gianyar kepada wartawan.

Di sisi lain Ketut Rujaya (VTS Benoa – 720292) melaporkan seluruh penumpang dan crew kapal telah dievakuasi dalam keadaan selamat oleh kapal yang berada disekitar Pelabuhan Sanur Denpasar dan dibawa menuju Pelabuhan Sanur.

“Posisi kapal masih berada di lokasi kejadian tidak dapat ditarik,” jelasnya dalam keterangan tertulis Basarnas Bali.

Sementara itu Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Satake Bayu kepada media yang menghubungi merinci kapal Fastboat Kebo Iwa Express sekitar pukul 16.30 Wita lepas jangkar dari Pelabuhan Maruti menuju Pelabuhan Sanur.

“Setelah berjalan hampir 20 menit boat mengalami kebocoran di Perairan Ketewel Gianyar kemudian tenggelam,” ungkap Satake.

Ditegaskan tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut karena saat peristiwa terjadi sejumlah boat melintas dengan tujuan yang sama, yakni Pelabuhan Sanur.

Melalui pertolongan yang dilakukan, satu per satu para korban yang terombang-ambing di lautan pun dievakuasi dengan selamat.

“Para penumpang dominan wisatawan asing dan ABK tersebut langsung dievakuasi oleh Boat Idola Express dan Semabhu Hills,” pungkas Satake. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button