Wednesday, 12-06-2024
Pendidikan

HMTI Unud Rilis Aplikasi dan Website Bank Sampah untuk Desa Celuk

Program Penguatan Kapasitas Mahasiswa Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) diusung HMTI ini mengambil tema “PESAN-PEDE: Pengelolaan Sampah Mandiri Pedesaan”, di Desa Celuk, Sukawati, Gianyar, Kamis (28/12/2022). Foto: jubir/unud

Gianyar | barometerbali – Universitas Udayana (Unud) mengadakan program Bina Desa untuk yang pertama kalinya di tahun ini. Salah satu organisasi kemahasiswaan yang andil dalam kegiatan ini adalah Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HMTI) yang membuat aplikasi dan website Bank Sampah.

Program Penguatan Kapasitas Mahasiswa Organisasi Kemahasiswaan sering disingkat PPK Ormawa diusung HMTI ini mengambil tema “PESAN-PEDE: Pengelolaan Sampah Mandiri Pedesaan”, di Desa Celuk, Sukawati, Gianyar, Kamis (28/12/2022).

“Kehadiran HMTI di sini ingin membuat sistem informasi berbasis aplikasi android dan website untuk membantu pengelolaan Bank Sampah yang awalnya masih dalam bentuk buku besar menjadi sistem yang terdigitalisasi,” ungkap Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana, Ir. I Nyoman Budiastra, M. Kes., M.T., dalam sambutannya.

Aplikasi BPS Sami Asri dirancang dengan tujuan membantu mewujudkan perubahan pengolahan sampah sehingga mampu mewujudkan Desa Celuk sebagai Pelopor Rumah Sampah Digital untuk meminimalisir pencemaran sampah yang kerap terjadi.

“Selain itu diharapkan juga dengan adanya aplikasi ini dapat membantu membangun rasa peduli terhadap kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah secara mandiri di Desa Celuk,” harap Budiastra.

Selama empat bulan proses perancangan dan atas bimbingan Anak Agung Ngurah Hary Susila, S.TI., M.MT, Aplikasi BPS Sami Asri berhasil dirilis pada 28 Desember 2022. Aplikasi ini menghadirkan beberapa fitur yang dapat membantu warga untuk mempermudah proses penabungan sampah.

Fitur Setor Sampah mampu mempermudah masyarakat untuk menabung sampah kapan saja dan di mana saja tanpa menunggu jadwal seperti yang dilakukan sebelumnya. Fitur Penarikan Saldo memberikan layanan bagi masyarakat untuk menarik saldo yang dimiliki atas hasil penabungan sampahnya.

“Fitur Panduan dibuat responsif yang memungkinkan masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan staf Bank Sampah,” imbuh Budiastra.

Aplikasi ini resmi diberikan kepada warga Desa Celuk terkhusus Banjar Cemenggaon pada Kamis, (28/12/2022) melalui Acara Penutupan PPK Ormawa HMTI.

Acara ini dihadiri oleh undangan dari pihak Desa Celuk, pihak Universitas Udayana, serta seluruh Anggota PPK Ormawa HMTI.

“Terima kasih kepada seluruh anggota PPK Ormawa HMTI atas diusungnya aplikasi ini demi mendukung proses Bank Sampah di Desa Celuk,” lanjut Budiastra.

Sementara itu Ketua BPS Sami Asri, Wayan Balik Mustiana berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga alam dimana tempat kita berpijak. Ia pun berterima kasih atas kehadiran mahasiswa PPK Ormawa HMTI yang telah membantu pengabdiannya dalam pengelolaan sampah di Desa Celuk.

“Kami berharap agar di tahun berikutnya program ini tetap bisa berjalan di desa ini,” tandas Wayan Balik.

Kegiatan Penutupan PPK Ormawa HMTI juga diadakan rangkaian Sosialisasi Sistem kepada Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan aplikasi dan website beserta tata cara penggunaannya.

“Diharapkan dengan diadakannya rangkaian kegiatan ini, masyarakat Desa Celuk mampu memahami dan mengimplementasikan dalam kegiatan bank sampahnya,” tutup Wayan Balik. (BB/501)

Sumber: http://unud.ac.id

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button