Sunday, 21-07-2024
Pendidikan

RS Unud Buka Layanan Cuci Darah bagi Peserta BPJS Kesehatan

HEMODIALISIS: Instalasi Layanan Hemodialisis RS Unud berada di Gedung 5 RS Unud, Jimbaran. Foto: rs unud

Jimbaran | barometerbali – Dalam rangka peningkatan fasilitas layanan, RS Universitas Udayana (RS Unud) telah melayani layanan cuci darah (hemodialisis) bagi masyarakat di wilayah Badung pengguna BPJS Kesehatan. Cuci Darah atau hemodialisis merupakan tindakan medis sebagai terapi pengganti fungsi ginjal yang tidak dapat bekerja dengan normal dengan menggunakan mesin cuci darah.

dr. Ni Wayan Anantika Riani, M.Biomed, Sp.PD selaku Kepala Instalasi Hemodialisis menjelaskan Layanan Hemodialisis RS Unud berada di Gedung 5 RS Unud, Jimbaran dan memberikan pelayanan hemodialisis baik bagi pasien gagal ginjal akut maupun gagal ginjal kronik dengan layanan yang berkualitas, komprehensif serta mengutamakan keamanan dan kenyamanan pasien selama menjalani terapi.

“Layanan Hemodialisis RS Unud saat ini telah dilengkapi dengan total 4 mesin hemodialisis, termasuk 1 mesin untuk melayani pasien yang memerlukan cuci darah dengan hepatitis B,” jelas dr. Anantika.

Selain sarana prasarana yang memadai, pelayanan Hemodialisis RS Unud didukung oleh tenaga profesional dan tersertifikasi yang beranggotakan Konsultan Ginjal dan Hipertensi (KGH), Prof. Dr. dr. I Gde Raka Widiana, Sp.PD-KGH, Dokter Spesialis Penyakit Dalam bersertifikat HD, Dokter Umum bersertifikat HD serta perawat yang juga telah tersertifikasi HD.

Lebih lanjut dr. Anantika menyampaikan dengan dibukanya layanan hemodialisis di RS Unud dapat memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya pasien gagal ginjal yang membutuhkan terapi cuci darah sebagai terapi pengganti ginjal.

“Saat ini, layanan hemodialisis RS Unud telah melayani pasien umum ataupun pasien dengan asuransi yang memerlukan pelayanan HD Reguler, HD Elektif dan HD Cito atau Emergency,” tutup dr. Anantika. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button