Saturday, 22-06-2024
Orkes

RSD Mangusada Kini Miliki Klinik Bedah Anak dan Ruang PICU

Direktur RSD Mangusada dr. I Wayan Darta (3 dari kiri) disaksikan jajaran direksi, manajemen serta pejabat terkait meresmikan beroperasinya Ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU), Rabu (11/1/2023). Foto: BB/rsd/mangusada

Mangupura | barometerbali – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat utamanya yang membutuhkan pelayanan ruang intensif, penanganan khusus dengan alat bantu nafas serta bagi masyarakat yang membutuhkan layanan bedah anak, kini sudah bisa mengunjungi RSD Mangusada Kabupaten Badung.

Rumah sakit yang berlokasi di Jalan Raya Kapal ini telah membuka layanan Klinik Bedah Anak dan Ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU) guna menunjang kebutuhan akan layanan intensif yang berkualitas dengan fasilitas dan SDM terlatih. Klinik Bedah Anak secara resmi telah dibuka pada Senin (9/1/2023), selanjutnya Ruang PICU dibuka pada Rabu (11/1/2023) oleh Direktur dr. I Wayan Darta disaksikan jajaran direksi, manajemen serta pejabat terkait.

Menurut Direktur RSD Mangusada, pelayanan Klinik Bedah Anak dan Ruang PICU telah bekerja sama dan terintegrasi dengan BPJS Kesehatan sehingga Fasilitas Kesehatan Primer seperti Puskesmas, Klinik atau Praktek Dokter sudah bisa merujuk pasien-pasien yang membutuhkan penanganan Dokter Spesialis Bedah Anak maupun yang membutuhkan ruang perawatan PICU ke RSD Mangusada yang memiliki tagline, We Love, We Care dengan motto, Kesehatan Anda adalah Kebahagiaan Kami ini.

“Klinik Bedah Anak buka setiap Senin, Rabu dan Kamis, melayani pasien dari usia 0 hari sampai usia di bawah 18 tahun, juga telah didukung oleh Dokter Spesialis Bedah Anak dr. N. Wisnu Sutarja, M.Ked.Klin, Sp.BA bersama paramedis yang kompeten,” terang dr. Darta saat dikonfirmasi, Senin (16/1/2023)

Direktur RSD Mangusada dr. I Wayan Darta (2 dari kiri) memotong pita pertanda dibukanya secara resmi Klinik Bedah Anak didampingi Wadir Umum dan Keuangan dr. Putu Arya W. P., M Kes ,(kiri) Dokter Spesialis Bedah dr. N. Wisnu Sutarja, M.Ked.Klin, Sp.BA (snelli/jas putih), dan Wadir Pelayanan dr. Ketut Japa, M.M., (kanan) (BB/rsd/mangusada)

Lebih lanjut ia menjelaskan kondisi yang memerlukan penanganan Spesialis Bedah Anak seperti kondisi kelainan kongenital (kelainan bawaan), trauma, tumor, maupun permasalahan pada organ baik akut dan kronis.

“Ruang PICU RSD Mangusada telah terintegrasi dengan BPJS Kesehatan, di mana terdapat 4 bed dan 1 unit incubator, dengan Dokter Spesialis Anak sebagai dokter penanggung jawab ruangan,” rincinya.

Ruang PICU khusus merawat pasien yang membutuhkan perawatan intensif dan utamanya perawatan dengan alat bantu nafas dari usia 29 hari, balita, sampai usia di bawah 18 tahun.

“Sebagai informasi tambahan, selain membuka layanan klinik bedah anak dan ruang PICU, RSD Mangusada juga sudah memiliki layanan Klinik Tradisional Komplementer (Tradkom) Integrasi yang resmi dibuka pada tanggal 15 Nopember 2022,” imbuhnya.

Direktur RSD Mangusada dr. Wayan Darta (tengah) bersama Wadir Penunjang dan SDM dr. Ni Raka Setiawati, M.M., (kanan) saat meninjau Klinik Tradkom Terintegrasi (BB/rsd/mangusada)

Lebih lanjut Direktur RSD Mangusada memaparkan Klinik Tradisional Komplementer Integrasi adalah Pelayanan Kesehatan Tradisional Komplementer yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang kompeten, sebagai pelengkap (komplemen) pelayanan kesehatan konvensional yang dapat didayagunakan baik sebagai upaya promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif sesuai dengan Permenkes No. 15 Tahun 2018 dan Pergub No. 55 Tahun 2019.

Klinik Tradisional Komplementer Integrasi RSD Mangusada menyediakan layanan kesehatan tradisional seperti pengobatan herbal, pijat akupresur dan akupuntur yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran dengan didukung oleh tenaga ahli yang kompeten.

“Semoga dengan adanya penambahan layanan Klinik Bedah Anak, Ruang PICU serta Klinik Tradkom, kualitas pelayanan di RSD Mangusada menjadi meningkat, mengurangi masa kesakitan pasien dan mencegah perburukan kondisi pasien serta kesembuhan pasien menjadi lebih cepat,” harap dr. Darta seraya menambahkan untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi nomor telepon 0361 – 9006812, email: rsdm@rsdmangusada.com (BB/501/rls)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button