Sunday, 21-07-2024
Pendidikan

Fapet Unud Audiensi dengan Pemkab Karangasem tentang Sistem Inovasi Daerah

Fapet Unud audiensi ke Pemkab Karangasem melalui kegiatan Sosialisasi Sistem Inovasi Daerah (SIDa), Kamis, (12/1/2023). Foto: fapet/und/myl

Karangasem | barometerbali – Dalam upaya meningkatkan daya saing daerah, Fakultas Peternakan Universitas Udayana melaksanakan audiensi ke Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui kegiatan Sosialisasi Sistem Inovasi Daerah (SIDa), Kamis, (12/1/2023)

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan bersama Tim Universitas Udayana yaitu Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Ir. Budi Rahayu Tanama Putri, S.Pt., M.M., IPU., ASEAN Eng., Guru Besar dan Dosen Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Prof. Dr. Dr. Ir. Nyoman Suparta, M.S., M.M., IPU., ASEAN Eng., dan Ni Made Ari Kusuma Dewi, S.Pt., M.Sc.; serta Tim Universitas Andalas yaitu Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Uyung Gatot S. Dinata, M.T., Guru Besar dan Dosen Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Prof. Dr. Ir. James Hellyward, M.S., IPU., ASEAN Eng., dan Ir. Amna Suresti, M.Si.

Kegiatan audiensi yang dilakukan disambut baik secara langsung oleh Bupati Karangasem, I Gede Dana, S.Pd., M.Si.; Wakil Bupati Karangasem, Dr. I Wayan Artha Dipa, S.H., M.H., Ketua Bappeda Kabupaten Karangasem beserta jajaran. 

“Program SIDa merupakan program nasional yang telah diperkenalkan pada tahun 2012. Adanya kerja sama antara Universitas Andalas dan Universitas Udayana dalam penyampaian program ini berdasarkan pertimbangan bahwa sejak diperkenalkan tahun 2012, Tim Universitas Andalas telah berhasil membantu beberapa daerah di Sumatera Barat untuk mewujudkan pengembangan daerah melalui SIDa,” ungkap Prof. Suparta.

Hal itu dilakukan dengan peningkatan daya saing berdasarkan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing daerah, yang diwujudkan bersama-sama oleh pemerintah daerah, institusi, instansi, dan pemerintah pusat.

Beberapa contoh keberhasilan penerapan SIDa yaitu Technopark Sentra IKM Rendang Payakumbuh, Technopark Sentra IKM Tenun Tanah Datar, PAT Agam, dan Science Techno Park Universitas Andalas.

“Audiensi yang dilakukan merupakan kunjungan pertama dalam rangka memperkenalkan kembali sekaligus memberikan gambaran terkait dengan potensi daerah Kabupaten Karangasem yang sangat dimungkinkan untuk dikembangkan melalui program SIDa, antara lain di bidang peternakan, pertanian, dan industri,” imbuhnya.

Audiensi lanjutan akan terus dilaksanakan dalam kurun waktu dekat, untuk membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem berhasil dalam penerapan SIDa ke depannya. (BB/501)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2469-Fakultas-Peternakan-Universitas-Udayana-Melaksanakan-Audiensi-dengan-Kabupaten-Karangasem-tentang-Sistem-Inovasi-Daerah-SIDa-.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button