Monday, 22-07-2024
Peristiwa

Pemedek Membludak pada Puncak Karya Usaba Pitra Pura Dalem Puri

AMANKAN: Personel Gabungan Polres Karangasem dan Polsek Rendang melaksanakan pengamanan selama Karya Usaba Pitra Pura Dalem Puri Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem berlangsung dari tanggal 21 hingga tanggal 27 Januari 2023. (hms/sek rendang)

Karangasem | barometerbali – Personel Polres Karangasem bersama Polsek Rendang melaksanakan pengamanan pengaturan arus lalu lintas di mana “pemedek yang tangkil” (umat yang bersembahyang) nampak membludak pada Karya Usaba Pitra Pura Dalem Puri Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Kamis (26/1/2023).

Namun demikian arus lalu-lintas di Simpang 3 Kedungdung, St. Poh Udang Manik Mas, Ulunsetra, St. Kunyit dan St. Kayupadi dilaksanakan rekayasa lalu-lintas.

Terkait dengan pelaksanaan Karya atau upacara keagamaan tersebut Personel Gabungan Polres Karangasem dan Polsek Rendang selalu melaksanakan pengamanan baik siang maupun malam hari selama karya berlangsung dari tanggal 21 hingga tanggal 27 Januari 2023.

“Hari ini personel yang terseprin sudah menempati posnya masing-masing untuk atensi arus lalu lintas yang sudah mulai ramai mengingat hari ini adalah puncak karya,” ungkap Kapolsek Rendang Kompol I Gede Made Punia, saat dikonfirmasi di sela pelaksanaan tugasnya.

Dijelaskan, pengamanan dilakukan dengan membagi anggota menjadi 3 regu jaga, masing-masing regu dipimpin Padal dengan jumlah personel 29 orang tiap regu. Personel yang terlibat selama berlangsungnya Karya Pengamanan dilakukan baik secara terbuka maupun tertutup di sepanjang jalur Simpang 3 Pringalot Rendang sampai ke lokasi Pura Dalem Puri Besakih.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin dalam pengamanan Karya Usaba Pitra Pura Dalem Puri Besakih agar pelaksanaannya bisa berlangsung dengan aman, nyaman dan lancar serta para pemedek dapat melaksanakan persembahyangan dengan khidmat,” ucapnya.

Pihaknya telah melakukan rekayasa arus lalin dengan melakukan penutupan di pintu masuk pura Dalem Puri. Semua mobil pemedek dialihkan masuk terminal Kedungdung yang datang dari arah selatan. Untuk yang datang dari arah timur dimasukkan melalui St. Batusesa lanjut St. Poh Udang menuju parkir Kedungdung.

“Sedangkan yang datang dari arah barat St. Teges, kami cegat di St. Kayupadi dan alihkan ke Pura Batumadeg selanjutnya turun menuju parkir tanah dekat Pura Dalem Puri,” tutup Kompol Punia. (BB/501)

Sumber: Humas Polsek Rendang

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button