Wednesday, 12-06-2024
Pendidikan

FH Universitas Surakarta Kunjungan Eksekusi Kerja Sama ke FH Unud

Tim FH UNSA diterima langsung oleh Wakil Dekan II FH Unud Dr. A.A. Ari Atu Dewi, S.H., M.H., bersama Ketua Senat FH Unud Dr. I Dewa Gede Palguna, S.H., M.Hum., di Aula FH Unud Kampus Denpasar, Jumat (27/1/2023). (Kolase: upiks/unud/myl)

Denpasar | barometerbali – Tim Fakultas Hukum Universitas Surakarta (UNSA) berkunjung ke Fakultas Hukum Universitas Udayana (FH Unud) dalam rangka mengeksekusi kerja sama pada Jumat (27/1/2023).

Tim FH UNSA diterima langsung oleh Wakil Dekan II FH Unud Dr. A.A. Ari Atu Dewi, S.H., M.H., di Aula FH Unud Kampus Denpasar.  

Wakil Dekan menjelaskan, adapun 3 agenda pada kunjungan FH UNSA kali ini, yaitu penandatanganan perjanjian kerja sama, sharing implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Seminar Nasional yang diselenggarakan Prodi Magister (S2) Ilmu Hukum FH Unud.

“Penandatanganan kerja sama dan pelaksanaan kegiatan merupakan agenda pertama yang dilakukan oleh kedua belah pihak (FH Unud dan FH UNSA) kemudian dilanjutkan dengan Sharing MBKM dan Seminar Nasional,” ungkap Dr. Ari.

“Sharing implementasi Program MBKM dilakukan di Ruang Vicon yang diikuti oleh 50 orang mahasiswa dan dosen Prodi Sarjana (S1) Ilmu Hukum FH UNSA,” jelas Dr. Ari.

Adapun 3 pembicara, yaitu Ketua Pokja MBKM FH Unud Cokorda Dalem Dahana, S.H., M.Kn, Dosen FH Unud, Putu Edgar Tanaya, S.H., M.H., dan Ketua Prodi Sarjana (S1) Ilmu Hukum FH UNSA Asri Agustiwi, S.H., M.H.

“Kedua belah pihak berbagi pengalaman mengenai implementasi, kendala dan hambatan yang dialami. FH Unud merupakan salah satu fakultas di Unud yang mahasiswanya banyak mengikuti Program MBKM, baik dari skim yang dikeluarkan oleh Kementerian dan skim magang mandiri. FH UNSA tidak mewajibkan mahasiswanya mengikuti program MBKM. Mata kuliah pilihan diakomodir untuk program MBKM,” paparnya.

Pada ruangan yang berbeda, Dekan FH UNSA Dr. Susilowardani, S.H., M.Kn, dosen dan 90 orang mahasiswa Prodi Magister (S2) Ilmu Hukum FH UNSA mengikuti Seminar Nasional “Menelaah Kehadiran KUHP Baru Indonesia dalam Rangka Perlindungan HAM dan Perwujudan Keadilan” bertempat di Ruang Aula FH Unud, Kampus Denpasar.

Kegiatan ini menghadirkan 3 Narasumber: Dosen FH UNSA Dr. Dara Pustika Sukma, S.H., M.H., dengan materi KUHP baru dalam Perspektif Keadilan, Dosen Lab/Bagian Hukum Pidana FH Unud Dr. Diah Ratna Sari Hariyanto, S.H., M.H., menyampaikan materi Telaah KUHP Baru: Urgensi dan Kontroversi, dan mahasiswa Prodi Magister (S2) Ilmu Hukum FH Unud I Komang Mahardika Wijaya S.H., judul materinya sama dengan judul seminar.

Seminar Nasional dimoderatori oleh Dr. Andrie Irawan, S.H., M.H. yang merupakan Dosen FH UNSA.

Para peserta seminar nasional termasuk Wakil Dekan II, Wakil Dekan III Dr. I Made Sarjana , S.H., M.H., Ketua Senat FH Unud Dr. I Dewa Gede Palguna, S.H., M.Hum., dosen pengajar dan mahasiswa Prodi Magister (S2) Ilmu Hukum FH Unud sangat antusias mengikuti acara dan melakukan diskusi secara interaktif.

“Semoga ke depannya lebih banyak implementasi kerja sama diantara FH Unud dan FH UNSA,” pungkas Wakil Dekan Ari. (BB/501)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2506-Kunjungan-Eksekusi-Kerjasama-FH-Universitas-Surakarta-ke-FH-Universitas-Udayana.html
 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button