Sunday, 23-06-2024
Pemerintahan

Gubernur Gelontor Rp43 Miliar untuk Jembrana

BKK: Bantuan BKK senilai Rp43 miliar dan bantuan lainnya untuk Kabupaten Jembrana diserahkan langsung Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Wagub Cok Ace di GOR Kresna Jvara, Jembrana, Rabu (14/2/2023). (Foto: Humas/Jembrana)

Jembrana | barometerbali – Sekalipun bupatinya berbeda partai dengan Gubernur Bali namun Kabupaten Jembrana tetap mendapat dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Bali senilai Rp43 miliar. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya Rp18 miliar. Bantuan BKK diserahkan langsung Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Wagub, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) saat menyampaikan capaian pembangunan Bali di hadapan masyarakat Jembrana bertempat di GOR Kresna Jvara, Jembrana, Rabu (14/2/2023).

Turut mendampingi Gubernur dalam acara tersebut Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Wabup IGDN Patriana Krisna dan Forkopimda Kabupaten Jembrana.

Selain bantuan BKK senilai Rp43 miliar kepada pemerintah Kabupaten Jembrana, Gubernur Bali Wayan Koster juga menyerahkan bantuan berupa Hibah Aset Tanah sebanyak 16 bidang tanah dengan luas 5,78 ha. Termasuk bantuan sosial dan BKK untuk perangkat desa dan desa adat, di antaranya, bantuan sosial kepada korban bencana senilai Rp2,1 miliar, Bantuan Keuangan Khusus kepada pemerintah desa se-Kabupaten Jembrana untuk Tambahan Penghasilan Perbekel dan perangkat desa senilai Rp2,66 miliar, dan Bantuan Keuangan Khusus untuk desa adat se-Kabupaten Jembrana senilai Rp19,2 miliar kepada 64 desa adat di Kabupaten Jembrana serta Bantuan Keuangan Khusus untuk Subak/Subak Abian se-Kabupaten Jembrana senilai Rp2,3 miliar rupiah kepada 230 subak.

Dalam acara yang turut dihadiri lurah dan kades serta bandesa adat se-Jembrana, para camat, MDA Kabupaten dan kecamatan, unsur perguruan tinggi serta tokoh masyarakat itu, Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan 44 tonggak capaian pembangunan di Bali.

“Di Jembrana sendiri kita sudah ground breaking jalan tol Gilimanuk – Mengwi serta nantinya ada penunjang pariwisata yakni Paramount,” ungkap Koster.

Terkait BKK, pihaknya menyampaikan ke depan bantuan keuangan khusus untuk kabupaten Jembrana akan diupayakan nilainya meningkat dari yang sekarang.

“Kami akan selalu berusaha mencari potensi-potensi daerah. Saat ini sejumlah pembangunan-pembangunan besar beberapa sudah rampung dan sudah berjalan. Jadi kita bisa fokuskan BKK untuk masing – masing kabupaten di tahun depan,” jelasnya.

Secara khusus Gubernur Koster juga melontarkan pujiannya kepada Bupati Jembrana. Menurutnya, sosok I Nengah Tamba adalah bupati yang pintar menjalin komunikasi dan mampu menyenangkan dirinya. Ia mengapresiasi karena meskipun berbeda partai tidak pernah membeda bedakan.

“Kita buka komunikasi dengan semua pimpinan daerah, karena membangun Bali harus secara keseluruhan. Baik itu sisi utara, selatan timur hingga barat Pulau Bali untuk kesejahteraan masyarakat sakala maupun niskala,” cetus Gubernur Koster.

Sementara, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Bali karena telah memberikan dana BKK kepada Jembrana.

“Dengan BKK ini, kita berharap pembangunan di Jembrana bisa terealisasi dan Jembrana semakin maju,” katanya.

Lanjut pihaknya juga mengapresiasi terhadap pemerataan pembangunan di seluruh kabupaten di Bali.

“Meski berbeda warna, Pemerintah Provinsi Bali dalam hal ini Bapak Gubernur tidak membeda-bedakan pembangunan khususnya di Jembrana. Semoga ke depan hal seperti ini terus berlanjut demi mewujudkan masyarakat Jembrana yang bahagia,” tandasnya. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button