Wednesday, 12-06-2024
Pendidikan

Kuatkan Karakter Milenial Hindu, PHDI Denpasar Lombakan Tri Sandhya

Penyerahan hadiah bagi pemenang Lomba Melantunkan Puja Tri Sandhya Tingkat SMP se-Kota Denpasar di Aula PHDI Provinsi Bali, Jumat (24/2/2023) sore. (Kolase: DKD/Dkmfs/WK)

Denpasar | barometerbali – Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Denpasar I Made Arka SPd, MPd menyatakan di tengah derasnya kemajuan teknologi di zaman transformasi digital dengan berbagai tantangan, karakter generasi muda yang berlandaskan pada kearifan lokal dan nilai-nilai ajaran agama perlu diperkuat.

“Agar jangan sampai generasi muda Hindu melupakan nilai-nilai luhur yang menjadi spirit umat Hindu akibat tergerus oleh kemajuan zaman serta era globalisasi di mana pergaulan antarbangsa sangat lumrah terjadi di Bali,” tegas Arka usai pelaksanaan Lomba Melantunkan Puja Tri Sandhya Tingkat SMP se-Kota Denpasar di Aula PHDI Provinsi Bali Jumat (24/2/2023) sore.

Lebih jauh Ketua PHDI menyatakan melalui lomba ini diharapkan para remaja Hindu dapat menghayati dan melaksanakan Puja Tri Sandhya yang baik dan benar.

“Baik dari segi pengucapan, sikap yang baik dan benar serta penghayatan saat melakukan puja Tri Sandhya,” imbuhnya.

Arka mengakui para peserta yang tampil sebagian besar sudah bagus dalam melantunkan Puja Tr Sandhya.

“Harapannya, kegiatan Puja Tri Sandhya dapat dilaksanakan sehari-hari sehingga menjadi kebiasaan baik, bukan hanya dilaksanakan saat lomba semata,” pintanya.

Melalui lomba ini dimaksudkan agar generasi muda tetap teguh pada ajaran agama Hindu.

“Supaya siswa SMP bisa lebih mengenal Hindu secara menyeluruh dan yakin terhadap Tuhannya, serta melantunkan mantram Tri Sandhya sesuai yang sudah ditetapkan dalam satuan tafsir PHDI Pusat tahun 1991,” tandas Arka.

Gelaran yang memperebutkan Piala Bergilir Walikota Denpasar ini merupakan rangkaian acara memeriahkan HUT ke-235 Kota Denpasar. Lomba diikuti 45 grup yang setiap grup terdiri dari 3 orang campuran laki perempuan.

Walikota Denpasar dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar Drs. Raka Purwantara, M.A.P mengapresiasi gelaran PHDI Kota Denpasar yang turut memeriahkan HUT ke-235 Kota Denpasar.

“Lomba-lomba semacam ini sangat baik sebagai upaya penguatan karakter generasi muda di Kota Denpasar di tengah berbagai tantangan akibat kemajuan Iptek dan era globalisasi,” jelas Raka.

Karena menurutnya jika anak-anak sudah mempunyai landasan ajaran agama Hindu yang baik maka akan memiliki karakter yang baik dan andal. Pihaknya berharap kegiatan semacam ini akan dapat dilaksanakan secara rutin serta mengingatkan agar kegiatan serupa dapat menjangkau sasaran yang lebih luas.

“Misalnya lomba-lomba sejenis yang menyasar siswa tingkat SD,” harapnya.

Salah satu dewan juri Prof.Dr. I Made Surada, M.A., mengapresiasi penampilan para peserta siswa SMP. Juri Made Surada menegaskan pentingnya melantunkan Puja Tri Sandhya dengan baik dan benar.

“Salah satunya dengan suara dalam di tenggorokan (ngereng) agar mendapatkan lantunan yang sakral dan bisa focus dalam bersembahyang,” pesan Arka.

Para dewan juri juga mencontohkan tata cara dan sikap yang benar saat melantunkan Puja Tri Sandhya.

Adapun hasil Lomba Melantunkan Puja Tri Sandhya yakni, Juara I Piala Bergilir Walikota adalah SMP Dwijendra, Juara II SMP Dharma Wiweka, Juara III SMPN 12 Denpasar, Juara Harapan I SMP PGRI 2 Denpasar, Juara Harapan II SMPN 1 Denpasar, dan Juara Harapan III SMPN 2 Denpasar. (BB/501/WK)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button