Saturday, 22-06-2024
Ekbis

PLN Bali Siap Dukung Event U20

GM PLN UID Bali Wayan Udayana (tengah) didampingi Manajer Komunikasi PLN UID Bali I Made Arya (kiri) dan Senior Manager Komunikasi dan Umum Krisantus H. Setyawan (kanan) paparkan program kerja PLN dalam acara media gathering di Renon, Denpasar, Senin (27/2/2023). (Foto: BB/Db)

Denpasar | barometerbali – General Manager Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Daerah (GM PLN UID) Bali Wayan Udayana menyampaikan rencana kesiapan pihaknya jelang perhelatan Piala Dunia U20 yang akan digelar di Bali dengan mempersiapkan listrik 3 poin yakni andal, efisien, dan berkualitas.

“Seperti kesiapan PLN di acara KTT G20, PLN juga sudah mempersiapkan dan mendukung event U20 untuk suplai tenaga listrik baik untuk lampu, broadcast, sound, perimeter, dan lain-lain. Dalam hal ini, andal yang dimaksud yaitu bisa memenuhi energi listrik selama pagelaran. Efisien artinya ekonomis sesuai dengan tarif yang ditetapkan oleh pemerintah supaya berkelanjutan. Sedang berkualitas yaitu memberikan tegangan listrik yang bagus,” papar Udayana didampingi Manajer Komunikasi PLN UID Bali I Made Arya dan Senior Manager Komunikasi dan Umum Krisantus H. Setyawan dalam acara media gathering di Renon, Denpasar, Senin (27/2/2023).

Udayana menegaskan kejuaraan dunia sepak bola U20 akan digelar di lapangan Kapten Dipta, Gianyar pada 20 Mei – 11 Juni 2023.

“Kedua, di tahun ini, PLN akan melakukan penggantian beberapa meter yang sudah berumur dengan meter yang lebih canggih dengan smart meter AMI (Advance Metering Infrastucture). Dari 1,6 juta pelanggan PLN di Bali, sekitar 550 ribu meter PLN yang sudah berumur mendekati 10 tahun akan diganti dengan advance meter secara gratis,” jelasnya.

Kelebihan advance meter ini di mana pelanggan PLN bisa sekaligus berlangganan internet. Artinya untuk menjaga privasi, pencatat meter tidak harus datang ke rumah. Dengan internet bisa di-konek ke peralatan rumah yang ada semacam smart home, kontrol peralatan listrik. Diharapkan dengan advance meter pembacaan meter lebih berkualitas yang akan dipasang mulai awal Juni sampai akhir tahun 2023.

“Adapun kelebihan lain dari AMI ini adalah bisa juga digunakan internet. Dengan AMI ini pelanggan bisa langsung berlangganan internet,” ungkap Udayana di hadapan puluhan wartawan.

Di lain sisi sebagai perseroan, PLN menurutnya tidak sendirian tapi telah melakukan studi bersama, mulai dari kampus, industri, manufaktur, dan lain-lain guna mewujudkan pilar Smart Grid.

“Kehadiran Smart Grid merupakan komitmen PLN untuk menjaga keandalan sistem jaringan dan infrastruktur kelistrikan di tengah pemulihan ekonomi nasional,” tandasnya.

Dalam acara media gathering tersebut General Manager PLN UID Bali I Wayan Udayana menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja sama baiknya selama ini kepada rekan media dalam mengawali pertemuan tersebut.

la mengatakan, selama ini masyarakat Bali sudah cukup teredukasi atas pemberitaan yang dimuat di beberapa media terkait PLN.

“Seperti halnya pemasangan penjor yang di mana masyarakat lebih mengedepankan atau memprioritaskan K3,” ucapnya.

Dirinya mengungkap bahwa masyarakat Bali sudah paham betul tentang K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) misalnya dalam pemasangan penjor jelang hari raya Galungan dan Kuningan.

Tidak hanya masyarakat, komunitas layang- layang yang notabene melestarikan budaya Bali juga senada dan sepakat tentang hal itu.

“Dan banyak hal tentunya. Kami sudah terbuka dengan teman media. PLN ingin melayani masyarakat Bali dengan layanan standar Internasional termasuk G20 kemarin,” pungkas Udayana. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button