Wednesday, 12-06-2024
Jurnalisme

Tingkatkan Kompetensi Wartawan, LSPR Bali Gelar Kursus “Public Speaking and Grooming”

Penyerahan hadiah bagi peserta teraktif dan favorit usai sesi kursus “Public Speaking and Grooming” di kampus LSPR Bali, Kamis (2/3/2023). (BB/Hms LSPR)

Denpasar | barometerbali – Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR (London School of Public Relations) Bali kembali menggelar program kursus bagi media di Bali bertajuk “LSPR Bali Journalism Short Courses”. Setelah tahun lalu sukses dengan program Kursus Bahasa Inggris bagi puluhan rekan media di Bali dalam rangka persiapan event International G20, kini LSPR Bali kembali membuka kesempatan bagi para media untuk dapat mengikuti kursus secara eksklusif dan gratis dengan beragam topik pilihan yang diyakini nantinya akan sangat berguna bagi rekan media saat menjalan tugas dan meningkatkan kompetensi jurnalis. Kali ini diawali dengan kursus “Public Speaking & Grooming”, digelar di kampus LSPR, Renon, Denpasar, Kamis (2/3/2023).

Program ini diselenggarakan sepanjang tahun 2023 secara bertahap tepatnya dengan durasi dua bulan sekali, dimulai pada tanggal 2 Maret dan menyusul tahap berikutnya dilaksanakan pada 28 April, 23 Juni, 25 Agustus, 27 Oktober dan terakhir pada 8 Desember 2023.

Topik yang menjadi pilihan materi kursus dalam program ini terbagi ke dalam enam sesi yang meliputi, Public Speaking & Grooming yang mencakup teknik reportase, teknik wawancara dan Beauty and Handsome. Kemudian ada juga kursus Table Manner dan English Language sebagai tambahan ketrampilan media saat diundang dalam suasana dinner dan perhelatan event internasional.

Selain itu terdapat juga materi Digital Media (SEO) yang membahas terkait dengan cara media online melakukan pengembangan website. Di sesi ke 5 dan 6, para media akan mendapatkan materi kursus terkait Photography for Journalistic yang terdiri dari teknik pengambilan gambar dan video serta topik di sesi terakhir adalah News Writing Techniques yang akan membahas terkait etika dan teknis penulisan berita serta feature writing. Peserta pelatihan ini telah diseleksi dari beberapa organisasi profesi kewartawanan dan organisasi media, dengan jumlah yang dibatasi agar penyerapan pengetahuan dapat lebih efektif.

Kursus pertama yang digelar pada Bulan Maret 2023 telah berlangsung dengan antusiasme yang diikuti oleh kurang lebih 30 peserta. Topik yang dibahas dalam sesi pertama ini adalah Public Speaking & Grooming yang dibawakan langsung oleh Ms. Dwi Verayanti, M.Hum, CSP yang merupakan salah satu Dosen LSPR Bali, Professional MC dan TV Presenter.

Executive Director LSPR Bali, Ms Gesille Sedra Buot Zambrano, MBA kepada media menjelaskan, bahwa LSPR Institute Bali sebagai lembaga pendidikan selalu ingin memberikan edukasi demi kemajuan media-media di Bali dalam mengelola informasi yang bermanfaat bagi publik.

“Kami berharap Journalism Short Courses ini dapat memberikan kesempatan besar bagi wartawan dalam meningkatkan soft skills-nya di lapangan. Kami juga selalu berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada media di Bali untuk menjadi lebih baik melalui edukasi yang berkelanjutan sesuai dengan bidang kami di Ilmu Komunikasi dan Bisnis,” paparnya.

Salah satu peserta dari media Tempo Made Argawa mengatakan “Program Journalism Short Courses ini sangat menarik dan bagus karena melalui program ini LSPR Bali memberikan kesempatan bagi para jurnalis untuk mengembangkan soft skills terutama di bidang ilmu komunikasi khususnya topik sesi pertama public speaking dan masih banyak sesi lainnya dengan topik yang sangat dibutuhkan saat turun ke lapangan,” ungkapnya.

Di akhir sesi kursus, terpilih peserta teraktif dan favorite yang diraih Pemimpin Redaksi media online barometerbali.com I Gusti Ngurah Dibia. Pihak LSPR selaku penyelenggara juga menyerahkan sertifikat yang ditandatangani Founder & Director of LSPR Communication & Business Institute Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR kepada para peserta kursus yang senantiasa antusias dan interaktif.

Tentang LSPR Bali
London School of Public Relations – Bali berdiri sejak tahun 2015 adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan program sarjana ilmu komunikasi dengan metode Blended Learning dan E-learning. Program Sarjana di LSPR Bali terdiri dari Fakultas Ilmu Komunikasi yang terbagi atas tiga konsentrasi pilihan yaitu, Public Relations and Digital Communication, Marketing Communication dan International Relations Communication. Saat ini LSPR – Bali memiliki hampir 1807 orang mahasiswa/i.

Data LSPR Career Centre menunjukkan tingkat serapan lulusan LSPR di dunia kerja mencapai 90% lulusan. LSPR Career Centre selain menyelenggarakan seminar dan pelatihan, menyediakan informasi lowongan pekerjaan, juga membantu menyalurkan alumni ke bidang pekerjaan yang mereka inginkan baik dalam dan luar negeri. LSPR Bali telah bekerja sama dengan beberapa Instansi di Bali salah satunya dengan Hotel-hotel yang tergabung ke dalam Marriot International Group. Kampus LSPR Bali merupakan Sekretariat dari beberapa organisasi ternama seperti DPP Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA), BPC Perhumas Denpasar, Bali dan Asean PR Network. (BB/501/LSPR)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button