Saturday, 22-06-2024
Peristiwa

WNA Polandia Viral Lawan Pacalang saat Nyepi, Diamankan ke Polsek Sukawati

WNA Polandia KG (naikan tangan-red) bersitegang dengan pacalang saat diimbau untuk tidak berkeliaran pada Hari Raya Nyepi Saka 1945/2023 di Pantai Purnama, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Rabu (22/3/2022). (Tangkapan layar/Video/WAG)

Gianyar | barometerbali – Viralnya video di media sosial sepasang WNA Polandia berkemah mendirikan tenda di atas bale bengong Pantai Purnama, Sukawati, namun saat ditegur oleh pacalang setempat, mereka tetap kukuh merasa tidak mengganggu perayaan Hari Raya Nyepi akhirnya diamankan ke Polsek Sukawati, Gianyar, Rabu (22/3/2023).

Humas Polsek Sukawati Aipda Kadek Edi Arianto, mengatakan pengamanan WNA tersebut karena sebelumnya ada laporan dari pihak Pacalang Desa Adat Sukawati yang berjaga di Pantai Purnama di Hari Raya Nyepi melalui Bhabinkamtibmas Desa Sukawati disusul laporan Perbekel Desa Sukawati bersama prajuru desa datang ke Polsek Sukawati.

“Dijelaskan oleh pacalang bahwa Hari Raya Nyepi tidak boleh keluar rumah, dan beraktivitas di luar rumah, namun mereka menyangkal tidak mengganggu hanya diam di tempat tersebut menikmati pemandangan indah pantai,” terang Kadek Edi yang menyampaikan update-nya di akun resmi Ig@polseksukawati, Rabu (22/3/2023).

Karena tidak menemukan penyelesaian, Polsek Sukawati dipimpin Ps. Panit 3 Intelkam Aipda IB Prawida mendatangi TKP kemudian mengamankan sepasang warga Polandia tersebut ke Polsek Sukawati.

“Setelah dijelaskan di kantor secara perlahan oleh petugas sepasang warga Polandia tersebut menyadari kesalahanya mereka terpaksa membuat tenda karena kehabisan bekal. Susah menemukan transpor saat pangrupukan dan pengalaman pertama liburan ke Bali,” terangnya.

Sepasang WNA Polandia ini akhirnya “dijamu” makanan dan minuman karena faktor kemanusiaan personel Polsek Sukawati (FB/Polsek Sukawati)

Untuk menjaga situasi kamtibmas Hari Raya Nyepi, pihaknya memberikan pelayanan, perlindungan, dan pengayoman akhirnya oleh petugas diberikan tempat istirahat di Polsek Sukawati.

Ia menambahkan untuk selanjutnya Polsek Sukawati akan melakukan koordinasi dengan pihak Imigrasi guna penanganan lebih lanjut.

“Identitas WNA tersebut inisial KG, laki-laki, 40 tahun dan BKW perempuan, 25 tahun, keduanya kebangsaan Polandia. Sebagai rasa kemanusiaan kedua warga Polandia tersebut diberikan makan dan minum oleh petugas Polsek Sukawati. Sementara situasi aman terkendali,” pungkas Kadek Edi. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button