Sunday, 23-06-2024
Peristiwa

Peringatan Pendaratan Pahlawan I Gusti Ngurah Rai di Air Kuning

Wabup Ipat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Pendaratan Pahlawan I Gusti Ngurah Rai di Pantai Air Kuning di Tugu Perjuangan Air Kuning, Desa Air Kuning, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Sabtu (8/4/2023). (Foto: BB/gusti)

Jembrana | barometerbali – Wakil Bupati (Wabup) Jembrana bertindak sebagai Inspektur pada Upacara Peringatan Pendaratan Pasukan I Gusti Ngurah Rai dari Pulau Jawa di Pantai Air Kuning di Tugu Perjuangan Air Kuning, Desa Air Kuning, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Sabtu (8/4/2023)

Wabup Ipat dalam sambutannya menjelaskan Tugu Perjuangan Air Kuning merupakan salah satu monumen bersejarah yang ada di Kabupaten Jembrana. Monumen ini dimaksudkan untuk mengenang peristiwa bersejarah I Gusti Ngurah Rai dengan pasukan Resimen Sunda Kecil dari Pulau Jawa mendarat di Desa Air Kuning pada 5 April 1946.

“Saya sangat menyambut baik upacara peringatan ini. Upacara di Tugu Perjuangan Air Kuning ini untuk mengenang sejarah perjuangan pahlawan I Gusti Ngurah Rai, serta pendaratan beliau bersama pasukannya di pesisir Air Kuning,” jelasnya.

Wabup Ipat berharap masyarakat dapat meneladani jiwa patriotisme dari para Pahlawan Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Hari ini kita bersama telah mendengarkan sejarah singkat perjuangan I Gusti Ngurah Rai langsung dari Veteran. Saya harap hal itu dapat diteladani yakni jiwa patriotisme para pahlawan dalam mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia,” harapnya.

Selanjutnya Ketua DPD LVRI Bali IG Bagus Saputra menerangkan pada 4 dan 5 April 1946 terjadi peristiwa bersejarah di mana I Gusti Ngurah Rai bersama pasukannya melalui berbagai rintangan menyeberang dari Pulau Jawa menuju Bali hingga mendarat di pesisir Air Kuning.

“Ngurah Rai ke Jawa untuk memohon bantuan dan menyampaikan kondisi di Bali. Dilantik sebagai pemimpin Resimen Sunda Kecil kemudian kembali ke Bali melanjutkan perjuangan. Beliau dapat mendarat kembali ke Bali dengan bantuan masyarakat dan para nelayan,” terangnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada LVRI Jembrana, Yayasan Kebangkitan Proklamasi (YKP), Pemuda Panca Marga (PPM) Jembrana dan Pemerintah Kabupaten Jembrana yang telah menyelenggarakan upacara peringatan Pendaratan Pahlawan I Gusti Ngurah Rai.

“Terima kasih atas terlaksananya upacara peringatan ini. Hal ini merupakan bukti bahwa pemerintah Kabupaten Jembrana begitu menghargai perjuangan para pahlawan kita,” pungkasnya.

Turut hadir, Waka Polres Jembrana, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Jembrana, para Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Jembrana, Wakil Ketua YKP Provinsi Bali, Ketua DPC LVRI Kabupaten Jembrana, Anggota KNPI Kabupaten Jembrana dan Pemuda Panca Marga Kabupaten Jembrana. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button