Saturday, 22-06-2024
Pendidikan

Lepas 815 Wisudawan, Universitas Udayana Gelar Wisuda ke-153

Upacara Wisuda ke-153 berlangsung di Gedung Widya Sabha, Kampus Unud Bukit Jimbaran, Sabtu, (15/4/2023). (Foto: BB/Rektorat Unud)

Badung | barometerbali – Universitas Udayana (Unud) menggelar Upacara Wisuda ke-153 yang berlangsung di Gedung Widya Sabha, Kampus Unud Bukit Jimbaran, Sabtu, (15/4/2023).

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP.,IPU dalam laporannya menyampaikan, jumlah wisudawan yang dilepas pada wisuda kali ini berjumlah 815 orang. Hingga wisuda ke-153 ini jumlah alumni Unud meningkat menjadi 115.240 orang.

Dari 815 orang wisudawan tersebut, 460 orang dari program Sarjana, 3 orang dari program Diploma, 262 orang dari program Profesi, 17 orang dari program Spesialis, 49 orang dari program Magister dan 24 orang dari program Doktor.

Wisudawan kali ini didominasi kaum perempuan yang jumlahnya 458 orang sedangkan wisudawan laki-laki hanya 357 orang. Pada periode wisuda ke-153 ini, 127 wisudawan merupakan penerima beasiswa yang berasal dari 22 penyedia beasiswa. 

Prof. Rai berharap melalui pendidikan yang telah ditempuh, para wisudawan tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan tetapi juga berkehidupan yang cerdas dengan mengedepankan kepribadian yang baik dalam bekerja dan bermasyarakat.

“Selalu memiliki dedikasi, inovasi dan kolaborasi dalam bekerja. Hal tersebut merupakan kunci kesuksesan dalam kehidupan,” pesan Prof. Rai.

Sementara itu, dalam wawancara dengan Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gede Antara, M.Eng., IPU mengatakan bahwa target penyelenggaraan wisuda 6 kali setahun di Universitas Udayana sudah cukup memadai.

“Target Universitas Udayana untuk melakukan wisuda 6 kali setahun sudah cukup memadai, dalam artian kami tidak ingin calon wisudawan menunggu terlalu lama. Jadi pada prinsipnya kami akan memberikan layanan pada wisudawan sehingga mereka tidak menunggu acara wisuda untuk menamatkan kuliah mereka karena secara akademik sudah dinyatakan lulus,” harapnya.

Rektor berharap lulusan Universitas Udayana dapat terjun berpartisipasi lebih besar di masyarakat untuk membangun bangsa dan negara.

“Harapan dengan dilepasnya wisudawan sebanyak 815 ini. Sebagai institusi pendidikan yang terkemuka di Bali dan Indonesia bagian timur, kami berharap bahwa setelah selesai pendidikannya dan terjun di masyarakat partisipasi mereka akan lebih besar lagi berkaitan dengan apa apa yang bisa dilakukan sebagai alumni Universitas Udayana. Terutama partisipasi mereka dalam pembangunan nasional  yang meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga partisipasi mereka untuk membangun bangsa dan negara bisa dilakukan lebih besar lagi,” paparnya.

Pada kesempatan ini Rektor Universitas Udayana juga menyampaikan informasi terkait penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi tahun 2023.

“Selaku Rektor izinkan saya untuk berbagi informasi singkat mengenai penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang hasilnya telah diumumkan pada tanggal 28 Maret 2023 lalu. Sebanyak 2.157 orang siswa lulus jalur SNBP di Universitas Udayana dan pada tanggal 10 hingga 12 April 2023, telah dilakukan verifikasi rapor dan sertifikat nonakademik bagi calon mahasiswa baru yang lolos melalui jalur SNBP,” tutup Rektor Antara. (BB/501)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5498-Lepas-815-Wisudawan-Universitas-Udayana-Gelar-Wisuda-ke-153.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button