Wednesday, 12-06-2024
Info

Bunyikan Tanda Bahaya pada Hari Kesiapsiagaan Bencana 2023

RS Bhayangkara Denpasar saat menggelar simulasi tanggap darurat bencana kebakaran dan gempabumi bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali. Jumat 10/12/2021 lalu. (Dok. rstrijata.com)

Denpasar | barometerbali – Menindaklanjuti Radiogram Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 300.1.7/2278/SJ tanggal 18 April 2023 terkait peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang jatuh setiap tanggal 26 April, Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra mengimbau seluruh instansi pemerintah dan swasta untuk melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan di instansi/organisasi masing-masing. Demikian disampaikan Sekda dalam surat bernomor B.15.360/3427/PK/BPBD tertanggal 23 April 2023 yang diterima redaksi barometerbali.com Senin (24/4/2023).

Adapun imbauan untuk menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana tersebut antara lain mengunduh aplikasi InaRisk Personal di Playstore/IOS untuk mengetahui informasi ancaman bencana di lokasi masing-masing dan mengikuti rekomendasi cara mengurangi risikonya.

“Menyusun rencana atau prosedur kedaruratan, membentuk tim tanggap
darurat, menyiapkan sarana prasarana kedaruratan serta melaksanakan simulasi atau latihan dan evaluasi secara berkala,” ungkap Dewa Indra panggilan akrabnya dalam surat tersebut.

Selanjutnya ia mengimbau untuk melaksanakan dan/atau mengarahkan jajaran instansi/organisasi masing-masing sampai ke tingkat kecamatan, kelurahan/desa dan desa adat untuk melaksanakan simulasi/latihan evakuasi mandiri secara serentak pada tanggal 26 April 2023 pada pukul 10.00 Wita.

“Ditandai dengan membunyikan kentongan atau lonceng atau alarm atau sirine sebagai tanda terjadinya bencana,” sebutnya.

Tidak lupa juga Sekda mengimbau mendokumentasikan simulasi atau latihan yang dilakukan serta mengunggah ke media sosial dengan mencantumkan hastag #HKB2023, #HKBBali2023, #SiapUntukSelamat, #BaliSiapUntukSelamat.

Hasil dokumentasi simulasi/latihan berupa foto dan/atau video agar dikirim ke BPBD Provinsi Bali melalui email: pusdalopsbali@gmail.com atau nomor Whatsapp 0857-9224-0799 untuk selanjutnya akan disampaikan sebagai laporan ke Pemerintah Pusat (Kementerian Dalam Negeri dan BNPB).

“Melaksanakan sosialisasi sebagai bentuk promosi dan publikasi kegiatan HKB 2023. Bahan sosialisasi dapat diunduh melalui tautan https://linktr.ee/harikesiapsiagaanbencana2023,” tutup Dewa Indra. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button