Friday, 19-07-2024
Pendidikan

Telah Disumpah, 8 PNS Siap Majukan FMIPA Unud

Foto: Giat penyumpahan CPNS Unud. (BB/FMIP Unud)

Badung | barometerbali – Telah menjalani proses penyumpahan di Gedung Audiotorium Widya Sabha Universitas Udayana (Unud), Jimbaran, Badung, pada Selasa (2/5/2023) lalu, 8 Pegawai Negeri Sipil (PNS) siap memajukan Fakultas MIPA.

Pengambilan sumpah bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru dilingkungan Unud dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Udayana Prof. I Nyoman Gde Antara, dan dihadiri para Pimpinan Universitas dan Pimpinan Fakultas tempat home base PNS ini diawali dengan upacara Mejaya-jaya di Pura Maha Widya Saraswati bagi PNS yang beragama Hindu.

Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara menyebut, dengan didampingi oleh Rohaniawan sesuai agama masing-masing seluruh PNS baru melaksanakan acara pengambilan sumpah dan penandatanganan berita acara secara simbolis yang dilakukan oleh perwakilan masing-masing agama.

“Sebanyak 102 PNS yang diambil sumpah/janjinya,terdiri dari 1 orang tenaga kependidikan di Biro Umum, 5 Orang Tenaga Pendidik (Dosen) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 10 orang Dosen di Fakultas Hukum, 43 Orang Dosen di Fakultas Kedokteran, 8 Orang di Fakultas MIPA, 4 orang dosen di Fakultas Pariwisata, 6 orang Dosen di Fakultas Pertanian, 23 orang dari Fakultas Teknik, dan 2 orang dosen di Fakultas Teknologi Pertanian,” paparnya.

Dirinya juga menyampaikan ucapan selamat kepada PNS yang telah bergabung di Unud dan berharap kehadirannya memperkuat barisan untuk memajukan Universitas Udayana yang sama-sama kita cintai. Proses yang begitu panjang telah dilalui dalam persaingan yang begitu ketat, terlebih lagi masa kekinian dimana pemerintah jelas-jelas membutuhkan PNS dalam jumlah yang sangat kecil.

Maka dari itu dengan persaingan yang begitu ketat dari awal sampai akhir maka para PNS ini telah berhasail melalui tahapan-tahapan dengan baik sehingga diterima sebagai pegawai negeri sipil yang pada akhirnya sekarang mengucapkan janji/sumpah sebagaimana persyaratan yang diberlakukan.

“Mudah-mudahan bergabungnya Saudara di keluarga besar Universitas Udayana memberikan dampak yang siginifikan untuk kemajuan Universitas Udayana yang sama-sama kita cintai,” ujar Rektor Unud.

Lebih lanjut Antara menyampaikan tugas dan tanggung jawab sebagai pegawai negeri sipil itu adalah tanggung jawab kita kepada bangsa dan negara sehingga PNS pada hahekatnya adalah pengabdian. Marilah kita sama-sama memajukan Universitas Udayana dimana pun ditugaskan sebagai aparatur sipil negara dan agar dapat selalu bersinergi.

Pada kesempatan tersebut Rektor juga menjelaskan sekilas tentang Unud yang saat ini masih berstatus BLU (Badan Layanan Umum) dan akan segera menapak menjadi PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum).

“Dalam masa transformasi ini sungguh banyak yang harus dilakukan, keberhasilannya kita sebagian besar tentunya akan ditentukan oleh kesiapan SDM baik itu tenaga pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa dan termasuk alumni,” jelasnya.

Untuk itu rektor berharap agar civitas akademika Universitas Udayana dapat bekerja dengan sungguh-sungguh karena tantangan kedepan menjadi PTN BH luar biasa beratnya.

“Harapan kita setelah menjadi PTN BH pilar-pilar universitas seperti profesionalisme, efisiensi dan lainnya otomatis dapat tercipta, karena pada prinsipnya PTN BH berarti peningkatan layanan kepada masyarakat di bidang pendidikan dengan mengusung efisiensi yang setinggi-tingginya,” harapnya.

Sementara itu, saat dihubungi terpisah, salah satu PNS di lingkungan FMIPA yaitu Gst. Vida Mastrika Giri, S.Kom, M.Cs yang merupakan salah satu alumni S1 PS. Ilmu Komputer Universitas Udayana dan Juga Alumni S2 PS. Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada menyampaikan rasa senang dan bangga bisa menjadi dosen PNS di Universitas Udayana.

“Selama menjadi CPNS, saya mempelajari bahwa suasana kerja di Fakultas MIPA sangat baik, semua komponen saling mendukung sehingga saya dan semua dosen CPNS bisa beradaptasi dan menjalankan tugas dengan baik. Sebagai dosen PNS baru, saya berharap semoga kami dapat menjunjung tinggi nama baik diri kami sendiri dan institusi, serta menepati semua sumpah yang kami ucapkan tadi,” imbuhnya.

Putra Juliantara, M.Si, PNS dari Program Studi Biologi turut menyampaikan, bahwa pengambilan sumpah/janji PNS merupakan momen sakral tak terlupakan karena di setiap janji yang terucap harus pertanggungjawabkan secara moral kepada diri sendiri, institusi, dan negara.

“Semoga setelah 100% menjadi PNS, menjadi motivasi lebih untuk memajukan FMIPA khususnya, dan Universitas Udayana umumnya, serta dapat melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi lebih optimal,” tamabhanya. (BB/212)

Sumber : https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2900-8-PNS-baru-siap-majukan-FMIPA-UNUD.htmlFmipa

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button