Sunday, 23-06-2024
Pendidikan

Momentum World Earth Day 2023, FK Unud Tanam Bakau di Tahura Ngurah Rai

Foto: Kegiatan WEDA KMPL 2023 FK Unud diselenggarakan secara daring (9/4/2023) dan luring di Tahura Desa Adat Kepaon, Denpasar, (6/5/2023). BB/FKUnud)

Denpasar | barometerbali – Menyambut Hari Bumi, Badan Semi Otonom Komunitas Mahasiswa Peduli Lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (KMPL FK Unud) menyelenggarakan kegiatan WEDA KMPL 2023 yang diselenggarakan secara daring (9/4/2023) dan luring di Tahura Desa Adat Kepaon, Denpasar, (6/5/2023). 

Rangkaian acara WEDA diawali dengan diselenggarakannya 2 kegiatan Lomba Nasional secara daring dalam bentuk lomba Esai Ilmiah dan Poster Publik yang merangkul seluruh Universitas di Indonesia dan mengambil tema “Bagaimana Implementasi Zero Waste di Era Society 5.0”. Jumlah peserta yang mengikuti Lomba poster publik yaitu sebanyak 65 tim, dan lomba Esai Ilmiah sebanyak 25 karya.Acara Puncak WEDA KMPL yang diselenggarakan 6 Mei 2023 mengambil tema “Kelola Sampah, Sayangi Bumi, Selamatkan Generasi”.

Acara ini memiliki 3 agenda kegiatan puncak yaitu tanam bakau, clean up serta sekolah alam yang diikuti oleh SMPN 3 Kuta Selatan, Angkatan Muda dan Inti KMPL, Perwakilan masing-masing ORMAWA, serta peserta umum. 

Kegiatan penanaman bakau diawali dengan penyampaian laporan kegiatan oleh ketua pelaksana WEDA 2023 yaitu Sri Suhartini, sambutan ketua KMPL FK UNUD yaitu Luh Gede Agustini Candra Putri, sambutan Ketua BEM FK UNUD yaitu Putu Labitha Parameswari Gustin. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Pembina KMPL FK UNUD yaitu Dr. drh. I Made Subrata, M.Erg., menyampaikan bahwa kegiatan WEDA memiliki makna yang besar baik di sisi organisasi ataupun sisi pengabdian.

Acara dibuka resmi dengan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Prof. dr. I Md. Ady Wirawan, MPH, Ph.D, yang meyampaikan “KMPL tahun ini sudah merayakan hari bumi dengan kegiatan WEDA yang semakin tahun semakin baik, dan saya tetap semangat dalam menjaga lingkungan dengan langkah-langkah kecil kita,” ucapnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam dan sertifikat kepada pemenang juara lomba Poster Publik dan Esai Ilmiah, serta penyerahan piagam dan kenang-kenangan kepada SMPN 3 Kuta Selatan. Selepas penyerahan piagam, kegiatan disambung dengan sekolah alam yang dibawakan oleh dua narasumber. Narasumber pertama yaitu Putu Eka Giri Mariani, S.S dengan materi “Dampak Sampah” dari organisasi Sungai Watch. Dan narasumber kedua yaitu Made Yuda Wibawa, S.Hut dengan materi “Tanam Bakau” dari organisasi UPTD Tahura Ngurah Rai. (BB/212)

Sumber : https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2908-Perayaan-World-Earth-Day-2023.html 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button