Tuesday, 27-02-2024
Info

“Menolong Sepenuh Hati” Tema Peringatan Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional

Foto: Peringatan Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional ditandai pemotongan tumpeng oleh Ketua Pengurus PMI Provinsi Bali I Gusti Bagus Alit Putra di Sekretariat PMI Bali, Denpasar (8/5/2023). (BB/PMI Bali)

Denpasar | barometerbali – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali sebagai bagian dari Organisasi Palang Merah Indonesia, dalam memaknai perjuangan “Bapak Palang Merah” Henry Dunant juga turut menyemarakkan berbagai kegiatan sebagai peringatan hari jadi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional sebagai tonggak berdirinya gerakan Palang Merah di dunia pada tanggal 8 Mei 2023.

Pada peringatan kali ini, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) mengetengahkan tema global yakni Everything We Do Comes From The Heart yang berarti Menolong Sepenuh Hati. Dalam menyemarakkan giat Peringatan PMI Provinsi Bali menggelar acara kebersamaan antarpengurus, staf dan Relawan PMI Provinsi Bali dimulai dengan kegiatan Pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dikemas dalam bentuk senam/olahraga bersama.

Kegiatan lainnya berupa outbound/tim building antarpeserta, donor darah dan diakhiri dengan acara peringatan berupa pemotongan tumpeng oleh Ketua Pengurus PMI Provinsi Bali I Gusti Bagus Alit Putra.

Dalam sambutannya Ketua PMI Provinsi Bali menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada jajaran pengurus, staf dan relawan yang berkesempatan hadir.

“Melalui tema ‘Everything We Do Comes From The Heart’ yang berarti menolong sepenuh hati Palang Merah mengajak semua orang untuk memulai aksi kebaikan ini dari lingkungan terdekat dan hal-hal yang sederhana. Sebuah kebaikan kecil dapat memberikan dampak besar bagi orang lain dan memperkaya kehidupan kita dari berbagai elemen baik pengurus, staf maupun relawan di tingkat masyarakat,” papar Alit Putra.

Selain kegiatan-kegiatan Peringatan Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional yang dilaksanakan secara luring di Markas PMI Provinsi Bali, PMI Provinsi Bali juga melaksanakan kampanye secara daring melalui kanal youtube PMI Bali serta media sosial PMI (facebook, instagram, dan twitter). Melalui kegiatan kampanye ini, diharapkan dapat semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dalam aksi menolong dengan sepenuh hati.

Dalam menyemarakkan giat Peringatan PMI Provinsi Bali menggelar acara kebersamaan antarpengurus, staf dan Relawan PMI Provinsi Bali dimulai dengan kegiatan Pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dikemas dalam bentuk senam/olahraga bersama. (BB/PMI Bali)

Tanggal 8 Mei mengingatkan kembali sejarah terbentuknya Palang Merah yang diprakarsai oleh “Bapak Palang Merah”, Jean Henry Dunant dan perjalanan aksi kemanusiaan berawal dari rasa empati Henry Dunant sebagai seorang pengusaha terhadap para korban perang di Solferino Italia di tahun 1859.

Pengalaman Henry Dunant diwujudkan dengan membentuk sebuah organisasi yang mengurusi korban perang dan bencana. Organisasi bernama Palang Merah telah meluas ke berbagai negara. Kegiatan kepalangmerahan yang dilaksanakan oleh anggota gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional menjadikan organisasi ini unik dan berbeda dari organisasi sosial maupun organisasi kemanusiaan lainnya.

Di Indonesia, Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. PMI mempunyai tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah yaitu Kemanusiaan, Kesamaan, Kesukarelaan, Kemandirian, Kesatuan, Kenetralan, dan Kesemestaan.

PMI merupakan organisasi kemanusiaan yang berstatus Badan Hukum yang ditetapkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Kepalangmerahan dan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Kepalangmerahan

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button