Sunday, 23-06-2024
Peristiwa

Wikithon Partisipasi Publik, Kupas Gagasan dan Harapan Bali ke Depan

Kolase: Lomba menulis paragraf secara maraton juga diadakan langsung di SMKN 5 Denpasar, SMAN 1 Tabanan, dan STKIP Amlapura. (BB/Dewayu)

Denpasar | barometerbali – BASAbali Wiki melangsungkan Wikithon Partisipasi Publik, kompetisi menuliskan paragraf singkat tentang “๐€๐ฉ๐š ๐ ๐š๐ ๐š๐ฌ๐š๐ง, ๐ฉ๐ข๐ค๐ข๐ซ๐š๐ง, ๐ข๐ฆ๐ฉ๐ข๐š๐ง, ๐๐š๐ง ๐ก๐š๐ซ๐š๐ฉ๐š๐ง๐ฆ๐ฎ ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐๐š๐ฅ๐ข ๐ก๐š๐ซ๐ข ๐ข๐ง๐ข ๐๐š๐ง ๐ฆ๐š๐ฌ๐š ๐๐ž๐ฉ๐š๐ง?” pada Selasa, (9/5/2023).

Kompetisi yang diadakan selama 15 jam ini melibatkan siswa SMA/SMK, mahasiswa, dan umum. Kompetisi secara resmi dibuka secara virtual melalui program Nyapa Guru dan Siswa di Studio Mini Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Bali, Selasa, (9/5/2023) mulai pukul 09.00 Wita.

Sebanyak 160 sekolah dari seluruh Bali berpartisipasi dalam sesi pembuka ini. Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd, anggota tim ahli bidang pendidikan Provinsi Bali yang menjadi pembicara dalam webinar tersebut menyampaikan pentingnya generasi muda untuk aktif menyampaikan pemikirannya melalui Bahasa Bali.

“Bahasa Bali apabila tidak sering digunakan akan mati. Oleh karena itu, mari pemuda Bali rajinlah mengikuti kegiatan-kegiatan termasuk perlombaan berbahasa Bali agar kita terbiasa menggunakan Bahasa Bali sehingga Bahasa Bali tetap lestari,” pesan Prof Sudiana, yang juga menjadi juri dalam kompetisi ini.

Lomba secara maraton juga diadakan langsung di SMKN 5 Denpasar, SMAN 1 Tabanan, dan STKIP Amlapura. Hingga pukul 23.59 Wita terhitung 2343 entri atau karya dari para milenial, yang masuk dalam shelf/rak “Public Voices” atau โ€œSuara Rakyatโ€ dalam subkategori “Satu Hari di Bali.โ€

Lebih lanjut Putu Eka Guna Yasa, Managing Director BASAbali Wiki menyatakan Wikithon “Satu Hari di Bali” ini merupakan sebuah event yang terinspirasi dari event One Day in China pada tahun 1930 an dan One Day in Ithaca pada tahun 1980an.

“Sehingga kami ingin terlibat dalam moment yang sama. Maka kami mengajak seluruh anak muda di Bali untuk menjadi bagian dari sejarah dengan berpartisipasi dalam Kompetisi Wikithon Partisipasi Publik Sehari di Bali,” tandas Putu Eka.

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button