Sunday, 21-07-2024
Pemerintahan

Bupati Suwirta: Jangan Hubungkan Pencairan Hibah dengan Dirinya Nyaleg

Foto: Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sosialisasi Dana Hibah dihadiri perwakilan penerima hibah berasal dari Kecamatan Dawan, Klungkung dan Banjarangkan berlangsung di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Selasa (16/5/2023). (BB/Prokopim Pemkab Klungkung)

Klungkung | barometerbali – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meminta pencairan Dana Hibah tidak dikaitkan dengan dirinya menjadi calon anggota legislatif pada Pemilu 2024 nanti. Ia menegaskan hal itu saat menghadiri sosialisasi mengenai Hibah Pemkab Klungkung Tahun 2023 bertempat di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Selasa (16/5/2033).

“Jangan dihubungkan pencairan hibah ini dengan keinginan saya untuk maju menjadi calon legislatif pada pemilu tahun 2024, dan saya harap peserta sosialisasi dapat bersabar dan mengikuti prosedur pencairan yang sudah disusun dengan baik oleh Pemkab Klungkung,” pesannya.

Turut mendampingi Bupati Suwirta dalam sosialisasi tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Anak Agung Gde Anom dan tim anggaran Pemkab Klungkung.

Sosialisasi ini dihadiri pula oleh perwakilan penerima hibah yang berasal dari Kecamatan Dawan, Klungkung dan Banjarangkan.

Sekretaris Dinas Kebudayaan Pemkab Klungkung I Nengah Udayana menyampaikan pada Tahun 2023, hibah kepada masyarakat disalurkan dengan beberapa tahapan yang berdasarkan jumlah hibah yang diterima, yakni hibah yang besarnya sampai dengan Rp100juta disalurkan sekaligus 1 tahap.

Hibah yang besarnya diatas Rp100 juta hingga dengan Rp200 juta disalurkan 2 tahap dan Hibah di atas Rp200 juta disalurkan 3 tahap.

Untuk tahap pertama pencairan dapat dilakukan pada bulan Mei, untuk tahap dua pada bulan Juni dan tahap ketiga pada bulan September 2023.

Bupati Suwirta menjelaskan salah satu penyebab terjadinya tahapan dalam pencairan hibah tahun 2023 antara lain sumber pendapatan Kabupaten Klungkung tidak mampu membayar setiap bulan kalau dibayar di depan maupun di tengah sekaligus, sehingga Pemkab harus membagi-bagi anggaran dan merencanakan pengeluaran sebaik-baiknya agar semua aspek dapat berjalan.

“Saya mengingatkan Inspektorat Daerah Kabupaten Klungkung untuk membantu proses pencairan hibah tahun 2023 dengan baik,” tandas Bupati Suwirta.

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button