Tuesday, 20-02-2024
Pendidikan

FMIPA Unud Gelar Riset di BRIN Bandung

Foto: Mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas MIPA Universitas Udayana melakukan MBKM riset di BRIN Bandung. (BB/FMIPA/Unud)

Denpasar | barometerbali – Mahasiswa Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Riset merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa melaksanakan kegiatan riset di lembaga riset dengan fasilitas yang lengkap, dikutip di Denpasar, pada Selasa (23/5/2023).

Sebagai implementasi MoU Universitas Udayana (Unud) dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), pada semester genap 2022/2023 Program Studi Kimia Fakultas MIPA mengirimkan empat orang mahasiswa angkatan 2020 untuk melaksanakan program MBKM Riset di BRIN Bandung yang berlangsung kurang lebih lima bulan yang dimulai pada tanggal 8 Februari hingga 14 Juli 2023.

Dr. Irdhawati, S.Si., selaku dosen pembimbing kegiatan tersebut menyebut, program dimaksud diikuti masing-masing oleh dua orang mahasiswa yaitu Vic Reynaldi Lie dan Elma Tiana Siallagan, di Pusat Riset Lingkungan dan Teknologi Bersih (PLTB), dengan topik penelitian tentang Uji Pelepasan Nanopartikel Pada Membran Nilon Nanokomposit dari Limbah Jaring Nelayan dan dua orang mahasiswa lainnya yaitu Ni Made Sri Maharani dan Maria Goreti Ling di Pusat Riset Iklim dan Atmosfer (PRIMA).

“Dengan topik penelitian Monitoring Pencemaran Logam Berat Dalam Sedimen Permukaan di Waduk Muara Batu Lumbang, Nusa Dua Bali, dengan berbagai metode digesti,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan program MBKM Riset empat orang mahasiswa tersebut di bawah bimbingannya tersebut menyatakan bahwa hasil MBKM Riset akan dijadikan sebagai tugas akhir, sehingga dapat mempercepat masa studi dan menghasilkan data yang dapat dipublikasikan pada jurnal bereputasi.

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5606-Mahasiswa-Program-Studi-Kimia-Fakultas-MIPA-Universitas-Udayana-Lakukan-MBKM-Riset-di-BRIN-Bandung.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button