Sunday, 21-07-2024
Pendidikan

Tim Asesor Asesmen Lapangan Prodi Magister Bioteknologi Pertanian FP Unud

Foto: Dua Asesor BAN-PT Lakukan Asesmen Lapangan pada Program Studi Magister Bioteknologi Pertanian Universitas Udayana. (BB/RektoratUnud)

Denpasar | barometerbali – Tim Asesor BAN-PT melakukan asesmen lapangan secara daring pada Program Studi Magister Bioteknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Udayana (Unud) bertempat di Ruang Senat Fakultas Pertanian Gedung Agrokomplek Kampus Sudirman Denpasar, pada Jumat (19/5/2023).

Tim Asesor yang melakukan asesmen terdiri dari Prof. Ir. Teguh Wijayanto, M.Sc.,Ph.D (Universitas Halu Oleo) dan Prof. dr. Ir. Muhidin, M.Si (Universitas Halu Oleo). Dalam acara pembukaan, hadir secara langsung Rektor Unud, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dekan Fakultas Pertanian, Ketua LPPM dan LP3M, Kepala Perpustakaan, perwakilan USDI, Ketua Program Studi Bioteknologi Pertanian, para Dosen dan Tendik, serta mahasiswa Program Studi Magister Bioteknologi Pertanian Unud.

Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU dalam asesmen ini meminta masukan kepada Tim Asesor yang ditugaskan BAN-PT, agar ke depan program studi bisa melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi, dan jika dilain waktu diharapkan bisa bertemu langsung dengan tim asesor dalam memberikan arahan dan masukan bagaimana menindaklanjuti hasil asesmen pada Program Studi Magister Bioteknologi.

“Status kelembagaan BLU dan segera menuju PTNBH. Saat ini Unud memiliki 13 Fakultas,1 Program Pascasarjana, 2 Rumah Sakit yakni RS Unud dan RSGM, dan rencana akan mengupayakan membuka rumah sakit hewan. Sekarang ini Unud memiliki sebanyak 120 Program Studi dengan jumlah mahasiswa berjumlah 30.000 orang, baik dari tingkat S0, S1, S2 dan S3, maupun spesialis,” ungkapnya.

Selain itu, juga disampaikan bahwa untuk akreditasi berbagai program studi di lingkungan Universitas Udayana terdiri dari akreditasi Unggul, A dan Sangat Baik berjumlah 94 persen dari 120 program studi. Unud juga memiliki 4 Program Studi yang terakreditasi Internasional, 3 di Fakultas Teknik yang terakreditasi IABEE yaitu Program Studi Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Teknik Mesin, sedangkan 1 yang terakreditasi ABEST21 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis yakni Program Studi Magister Manajemen.

“Tahun lalu ada 4 Program Studi yang sudah tersertifikasi AUN-QA, tahun ini juga masih memprogram 4 Program Studi untuk AUN-QA, untuk BUD3 tahun depan akan disiapkan 4 program studi lagi, sehingga tahun depan terdapat 12 program studi yang tersertifikasi AUN-QA. Di samping itu tahun ini akan digagas 14 program studi di Unud yang memprogram FIBAA kususnya untuk program studi humaniora dan ada beberapa program studi yang menarget Akreditasi ASIIN khususnya dari Fakultas Kedokteran, Fakultas MIPA dan beberapa program studi dari fakultas lainnya,” paparnya.

Selanjutnya, Program Studi S2 Bioteknologi Pertanian ini adalah merupakan kebanggan Unud karena ini merupakan program studi unggulan pada program magister, untuk itu Rektor sangat mendorong Program Studi Magister Bioteknologi Pertanian menjadi program studi yang meraih akreditasi internasional.

Sementara itu, Perwakilan Tim Asesor Prof. Ir. Teguh Wijayanto menyampaikan selaku asesor pihaknya mendapat tugas dari BAN-PT dan mengucapkan terima kasih atas penerimaan dari pihak Unud serta bersama pimpinan fakultas beserta jajaran. Pihaknya berharap pelaksanaan asesmen ini berjalan lancar dan  terselesaikan dengan baik.

“Sebagai Asesor tugasnya hanya untuk mengkorfimasi atau mengklarifikasi hal-hal yang sudah dilaporkan oleh tim akreditasi dalam dokumen baik di dalam data kinerja maupun laporan evaluasi kinerja,” jelasnya.

Pihaknya juga sudah sedikit banyak melihat beberapa revisi yang sudah disampaikan oleh ketua program studi dan nanti akan dilaksanakan diskusi dengan pihak yang lain seperti mahasiswa, alumni, tenaga kependidikan, dosen maupun stakeholder untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan detail terhadap Program Studi Magister Bioteknologi Pertanian.

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5605-Dua-Asesor-BAN-PT-Lakukan-Asesmen-Lapangan-pada-Program-Studi-Magister-Bioteknologi-Pertanian-Universitas-Udayana.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button