Friday, 24-05-2024
Peristiwa

Terjebak di Tebing Pantai Atuh, Bule Prancis Dievakuasi

Foto: Sebanyak 6 personel Tim SAR mengevakuasi WNA Prancis menggunakan RIB 02 Nusa Penida di bawah tebing Pantai Atuh, Nusa Penida, Klungkung, Jumat (26/5/2023). (BB/Basarnas Bali/Ay)

Nusa Penida | barometerbali – Teriakan meminta tolong bersumber dari bawah tebing mengagetkan warga dan pengunjung Pantai Atuh, Nusa Penida, Jumat (26/5/2023). Suara itu berasal dari seorang wisatawan asing yang terjebak di tebing, di mana awalnya WNA asal Prancis (J) laki, 26 tahun itu sedang berenang, namun kelelahan dan berlindung di tebing.

Informasi kejadian diterima Basarnas Bali (Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar) pada pukul 13.15 Wita. Pelapor menjelaskan bahwa korban terlihat dari atas tebing Pantai Atuh. Untuk keselamatannya, korban diarahkan untuk tetap bertahan pada posisi tersebut, agar mempermudah proses evakuasi.

Sekitar pukul 13.40 Wita diberangkatkan tim rescue dari Unit Siaga Nusa Penida berjumlah 6 personel menggunakan RIB 02 Nusa Penida.

“Sekitar 45 menit kami tiba di lokasi, korban kita temui dalam posisi sehat berasa di pertengahan tebing,” terang Cakra Negara, Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida.

Setibanya di lokasi, RIB 02 mendekati korban, namun tidak memungkinkan merapat ke tebing.

“Kita lemparkan ring buoy agar bisa menjangkau,” imbuhnya.

Akhirnya ia berenang dan dievakuasi oleh tim SAR gabungan. Selanjutnya mereka bergeser ke Pelabuhan Sampalan dan tiba pukul 15.05 Wita.

Selama proses evakuasi berlangsung turut melibatkan Basarnas Bali (Unit Siaga SAR Nusa Penida), TNI AL Pos Nusa Penida, Koramil Nusa Penida, Polsek Nusa Penida dan masyarakat setempat.

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button