Thursday, 22-02-2024
Seremonial

Lansia Perlu Bersemangat di Masa Senja

Foto: Wujud apresiasi pada Lansia Pemkot Denpasar menggelar Puncak Peringatan HLUN 2023 di area Taman Kota Lumintang, Minggu (28/5/2023). (BB/Hms Pemkot/Dok pribadi)

Denpasar | barometerbali – Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27 di Kota Denpasar digelar di area Taman Kota Lumintang pada Minggu (28/5/2023).

Dengan bertemakan “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap para lansia (lanjut usia, red) agar senantiasa memiliki semangat di masa senja.

Hadir dalam kegiatan yang melibatkan sekitar 100 orang lansia tersebut, Ketua K3S Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara didampingi Wakil Ketua K3S Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa.

Ny. Antari Jaya Negara, menyampaikan peringatan HLUN tahun ini, adalah momentum bagi semua pihak agar senantiasa memperhatikan keberadaan para lansia, baik terkait kehidupan dan aktifitas keseharian, maupun kondisi kesehatannya. Selain itu, tingkat kesejahteraan maupun kebutuhan psikologis para lansia juga merupakan hal yang harus diperhatikan.

“Saya menggugah kita semua untuk dapat bersama sama memberikan perhatian dan kepedulian terhadap kalangan lansia. Hal ini juga tentu dapat membangkitkan semangat, agar senantiasa tetap sehat dan produktif di usia senja,” ucap Ny. Antari Jaya Negara.

Berbagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak kaum lansia, lanjut Ny. Antari Jaya Negara harus dilaksanakan secara berkesinambungan serta mendapat perhatian seluruh lapisan masyarakat.

“Kita berharap, melalui berbagai kegiatan yang akan dilakukan, dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan sosial, kesehatan, dan sisi psikologis para lansia. Sehingga, para lansia mempunyai kesiapan menghadapi hari senja penuh percaya diri,” harap Ny. Antari Jaya Negara.

Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati mengatakan, peringatan HLUN tahun ini adalah salah satu langkah Pemkot Denpasar dalam usaha memberikan kesejahteraan sosial pada para lansia di Kota Denpasar.

“Dengan semangat Vasudhaiva Kutumbhakam, Pemkot Denpasar berfokus dalam upaya memberikan kesejahteraan sosial bagi masyarakat, tidak terkecuali para kalangan warga lansia, karena lansia terawat, Indonesia bermartabat” jelas Laxmy Saraswati.

Peringatan HLUN ke 27, tambah Laxmy Saraswati turut diisi pula dengan beragam kegiatan yang diikuti para lansia. Antara lain, senam sehat yang diikuti oleh para anggota PWS, LVRI, PWRI dan juga perwakilan dari 4 kecamata di Kota Denpasar.

Berbagai lomba bagi lansia juga diadakan pada rangkaian kegiatan ini seperti lomba busana adat ke pura, joged bumbung, yang diikuti secara berpasangan maupun berkelompok.

“Acara ini sengaja dibuat untuk memfasilitasi para lansia. Tahun ini lomba lomba bisa kita adakan secara langsung, setelah tahun sebelumnya diadakan secara virtual. Berbagai lomba, ada juga stand kuliner oleh para lansia, dan juga pemeriksaan kesehatan yang didukung oleh PPNI Kota Denpasar,” pungkas Laxmy Saraswati.

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button