Tuesday, 20-02-2024
Pendidikan

FIB Unud Gelar Workshop Data Linguistik

Foto : Inisiasi kerjasama dengan University of Tartu, FIB selenggarakan Workshop Pengumpulan dan Pemrosesan Data Linguistik. (BB/FIB/Unud)

Denpasar | barometerbali – Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana dan Institute of Genomics, University of Tartu Estonia sepakat melaksanakan inisiasi kerja sama dalam Tridharma perguruan tinggi. Inisiasi ini direalisasikan dalam penandatanganan Letter of Intent (LoI), pada Senin (8/5/2023) dilakukan oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Prof. Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum., dan perwakilan Institute of Genomics, University of Tartu, Dr. Phillip Endicott.

Dalam cara penandatanganan LoI ini, Dekan Fakultas Ilmu Budaya didampingi oleh Koordinator Prodi S3 Linguistik FIB Unud, Prof. Drs. Ketut Artawa, M.A., Ph.D., dan Ketua UPIKS FIB, Novita Mulyana, S.S., M.Hum.

“Langsung realisasikan inisiasi kerjasama
Setelah melaksanakan penandatanganan dokumen, kami sepakat untuk langsung merealisasikannya dalam bentuk lokakarya yang bertajuk OCSEAN Workshop on Linguistic Data Collection and Data Processing,” jelasnya.

Lokakarya ini dilaksanakan selama lima hari, yakni dari tanggal 8 – 12 Mei 2023 bertempat di Ruang Soekarno, FIB Unud. Dengan menghadirkan tiga orang narasumber dari University of Tartu yakni Dr. Owen Edwards, Dr. George Saad dan Dr. Phillip Endicott. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa program studi Doktor Linguistik serta sejumlah dosen Program Studi Sastra Inggris FIB Unud.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan lokakarya, Dekan FIB Unud, Prof. Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum., menyatakan bahwa kegiatan lokakarya ini merupakan sebuah implementasi inisiasi kerja sama antara FIB Unud dan University of Tartu yang diharapkan dapat memperdalam pengetahuan dan  keterampilan mahasiswa dan dosen FIB Unud dalam kegiatan penelitian, khususnya pemerolehan dan pemrosesan data.

“Hal ini penting karena kedua keterampilan ini merupakan keterampilan dasar yang wajib dikuasai seorang peneliti,” tambahnya.

Lokakarya ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan dosen untuk belajar langsung dari peneliti-peneliti University of Tartu. Prof. Satyawati juga berharap bahwa kedepannya kerja sama antara FIB dan University of Tartu mampu membuka peluang yang lebih luas bagi sivitas akademika FIB Unud untuk melaksanakan kegiatan Tridharma pada level internasional sehingga dapat berkontribusi kepada masyarakat global.

Dr. Phillip Endicott, perwakilan Institut of Genomics, University of Tartu, sekaligus penginisiasi kerja sama antara kedua belah pihak, dalam kesempatan yang diberikan kepadanya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada FIB Unud, karena telah menyambut baik usulan kerja sama yang diajukannya. Senada dengan yang disampaikan Dekan FIB, Dr. Endicott, berharap kedepannya akan semakin terbuka berbagai aktivitas kerja sama yang dapat dilakukan kedua belah pihak.

Lokakarya diisi oleh ketiga narasumber dari University of Tartu dengan berbagai topik menarik dalam pemerolehan dan pemrosesan data, antara lain (1) Field works basics, (2) ELAN and Transcription, (3) Austronesian Expansion, (4) Comparative Method, (5) Models of Language Relatedness, (6) Language Contact, dan (7) Computational Method. (BB/212)

Sumber: https://www.unud.ac.id/

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button